Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Debat Aktif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Abstract
Abstract
Active debate learning is considered an effective method in improving students' critical thinking skills in the context of Pancasila education. This research aims to explore the impact of active debate learning on the critical thinking abilities of class XI students at SMA Plus Al-Amanah. The research method used is a case study with a qualitative approach. Data was collected through classroom observations, interviews with teachers and students, student questionnaire, and document analysis. The research results show that active debate learning is effective in building students' abilities to analyze, evaluate and integrate information from various sources in the context of Pancasila values. These findings have important implications for the development of learning strategies that are more oriented towards developing critical thinking skills in subjects that are relevant to the nation's cultural and moral values.
Abstrak
Pembelajaran debat aktif dianggap sebagai salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari pembelajaran debat aktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Plus Al-Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, kuesioner siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran debat aktif efektif dalam membangun kemampuan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber dalam konteks nilai-nilai Pancasila. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis di mata pelajaran yang relevan dengan nilai-nilai budaya dan moral bangsa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia Ayuningsih, Neneng Rika, J.K, S.Pd., M.H, Ali Noeruddin, S.Si., M.Pd. Implementasi Model Pembelajaran Controversial Issue Terhadap Budaya Santri Dalam Meningkatkan Nalar Kritis Kelas X Sma Plus Al Amanah Kabupaten Bojonegoro. SEROJA http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja. Jurnal article. 2023, Vol 2, No.3 113-123
Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 193. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544
Hamzah B.Uno. (2007). Model Pembelajaran.
“KAJIAN FILSAFAT PANCASILA DALAM PENDIDIKAN MLTIKULTURAL DI INDONESIA Herly Jenet Lesilolo erly Jenet Lesilolo,” vol. 1, no. 1, pp. 74–88, 2015.
Nurcahyo, R. (2017). Panduan Debat Bahasa Indonesia. Panduan Debat Basaha Indonesia, 1-9. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303692/pengabdian/handbook-debat-bahasa-indonesia.pdf
Rika, Neneng; Kholidah, Jazilatul; Mayasari, Novi; Yudhianto, Haris (2024). Mini library : peningkatan literasi siswa smp plus al-amanah bojonegoro. jurnal article, Vol. 8, No. 1 April, 2024), hlm. 109-114
R.P. Fitri, C.H.W.Prastiwi, N.R.J. Kholida, Heru Ismaya pp. 128–133, 2021.
Siswanti Ika Yulianti, Ernia Duwi Saputri, Drs. Heru Ismaya. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikirkritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP N 1 Soko Tahun Pelajaran 2022/2023. jurnal article. Vol. 8, No. 1 (2023), Hal. xx-xx e-ISSN : 2580-3921 – p-ISSN : 2580-3913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.