Pengaruh Metode Resitasi terhadap Civic Disposition pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Kelas VII MTs Nurul Hasan Ngraho

Nur Fadillah, Neneng Rika Jazilatul Kholidah, Heru Ismaya

Abstract


Abstract

Giving additional assignments to students is expected to increase the level of learning and without realizing it will form a civic disposition in each student. This research aims to determine the relationship between the memorization method and the quality of citizenship in class VII students learning Pancasila at MTs Nurul Hasan Ngraho. This research is experimental and uses quantitative methodology with before and after tests. If the sample in this study is 36 people, with an average of 58.7 before and 65.6 after testing, and a significance value of 0.000229693 < 0.05 then reject H0 and accept Ha. As a result, the way seventh grade students at MTs Nurul Hasan Ngraho School regarding Pancasila education had an influence on civic disposition.

 

 

Abstrak

Memberikan tugas tambahan kepada peserta didik diharapkan bisa menambah tingkat belajar dan tanpa disadari akan membentuk civic disposition (watak kewarganegaraan) pada masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode hafalan dengan kualitas kewarganegaraan pada siswa kelas VII pembelajaran Pancasila di MTs Nurul Hasan Ngraho. Penelitian ini bersifat eksperimental dan menggunakan metodologi kuantitatif dengan tes sebelum dan sesudah. Jika sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang, dengan rata-rata 58,7 sebelum dan 65,6 sesudah pengujian, serta nilai signifikansi 0,000229693 < 0,05 maka menolak H0 dan menerima Ha. Hasilnya, cara siswa kelas tujuh di MTs Sekolah Nurul Hasan Ngraho mengenai pendidikan pancasila berpengaruh terhadap civic disposition.


Keywords


Metode Resitasi, Karakter Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Asror, A. G., Mujahidin, A., Ismaya, H., & ... (2018). Penanaman Karakter Kesantunan Bahasa Pada Siswa MTs. Bahrul Ulum Desa Bulu Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. LOYALITAS, Jurnal …, I(20), 105–113. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/322

Kholidah, N. R. J., Prastiwi, C. H. W., Zuhriah, F., Yulianti, S. E., & Ibrohim, M. (2023). Penguatan Berkebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 245–254. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Ningtyas, M. (2014). Penerapan Metode Laba Kotor Unt. Metode Penelitian, 32–41.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.

Rika, N., Kholidah, J., & Saputri, E. D. (n.d.). Pandangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila.

Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76179

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono(2019). (2021). Analisis Perubahan Hemodinamik. Skripsi STT Kedirgantaraan Yogyakarta, 34–50.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Sugiyono, D. (2021). 16.3300.047 Bab 3. 2, 31–38.

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). Title. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.