Peran Guru PPKN Dalam Penerapan Sikap Jujur Dan Bertanggung Jawab Siswa Kelas VII Putri di MTs Tarbiyatut Tholabah Kranji
Abstract
Abstract
This study was initiated due to concerns about the low levels of honesty and responsibility among female seventh-grade students at MTS Tarbiyatut Tholabah. The research aims to understand the implementation, contributing elements, and hindrances to the attitudes of honesty and responsibility among seventh-grade students at MTS Tarbiyatut Tholabah Kranji. Using a descriptive qualitative approach, the study reveals that PPKn teachers at MTS Tarbiyatut Tholabah play a crucial role in instilling honest and responsible attitudes by providing motivation and setting an example for the students. Supporting factors for implementing honest and responsible attitudes include the enforcement of school rules, the presence of rewards, and parental involvement in students' development. However, there are also hindrances, such as students not being accustomed to behaving honestly and responsibly, which negatively impact the learning process. The lack of parental support also hinders the internalization of honest and responsible values outside the school context.
Abstrak
Penelitian ini diinisiasi oleh adanya keprihatinan terhadap rendahnya tingkat kejujuran dan tanggung jawab di antara pelajar putri tingkat VII di MTS Tarbiyatut Tholabah yang bertujuan untuk memahami penerapan, faktor pendukung, serta penghambat dari sikap jujur dan bertanggung jawab di kalangan siswi kelas VII di MTS Tarbiyatut Tholabah Kranji. Dengan mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengungkap bahwa tenaga pengajar PPKn di MTS Tarbiyatut Tholabah memiliki peran penting dalam penerapan sikap jujur dan tanggung jawab, seperti memberikan motivasi dan menjadi teladan bagi siswa. Selain itu, faktor pendukung dalam penerapan sikap jujur dan bertanggung jawab meliputi penegakan aturan sekolah, adanya penghargaan, dan peran orang tua dalam perkembangan siswa. Namun, terdapat pula faktor penghambat, seperti siswa yang tidak terbiasa berperilaku jujur dan bertanggung jawab, yang berdampak negatif pada proses pembelajaran. Kurangnya dukungan dari orang tua juga menyulitkan penginternalisasian nilai-nilai jujur dan bertanggung jawab di luar konteks sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuhri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press Ahdar & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi: CV. Kaffah Learning Center. Ahmad, Intan. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Ristekdikti,
Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
Alvika, A.N., Suyitno., & Sudirman. 2023. Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA Negeri 2 Jeneponto Kec. Tamalatea Kab. Jeneponto. Tomalebbi, 10 (1). https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/ioai.
Ansori, Yoyo, Zakaria. 2020. Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Sisiwa Sekolah Dasar. Jurnal Education, 6 (2). 740-746. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.672
Bungin, M. Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Bunyamin. 2021. Belajar dan pembelajaran. Jakarta selatan: UPT Uhamka Press.
Cahyani, K., & Dewi, D. A. 2021. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Agar Menciptakan Siswa Yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan kewarganegaraan undiksha, 9 (2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Damri, & Putra, F. E. 2020. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.
Dewi, Arsy Shakila. 2021. Pengaruh Penggunaan Website Brisik.Id Terhadap Peningkatan Aktivitas Jurnalistik Kontributor. Jurnal KomunikA, 17 (2). Doi: https://doi.org/10.32734/komunika.v17i2.7560
Djunaidi, A., & Sarimawati, 2019. Peranan Guru Dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo. Civicus: Pendidikan Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (2). 19-26. Doi: https://dx.doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135
Dwintari, J. W. 2017. Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan kewarganegaraan, 7 (2). 51-57.
https://doi.org/10.20527/KEWARGANEGARAAN.V7I2.4271
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Bumi Askara.
Hakim, Lukman. 2019. Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin Di Era Global. CIVIC EDUCATION AND SOCIAL SCIENSE JOURNAL (CESSJ), 1 (2).
Heriyansyah. 2018. Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I (1). Doi: http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i01.218
Hidayati, Eka, Wahyu. 2017. Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Jujur Siswa SMAN 1 Tarik Sidoarjo. KUTTAB: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1 (1). DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v1i1.24
Irwan. 2017. Etika Dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Cv. Absolute Media.
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia Bandung Milles, M.B. And Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication
Kamal, Muhiddinur. 2019. Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Lampung: AURA (CV. Anugrah Utama Raharja).
Kholidah, N. R. J., Prastiwi, C. H. W., Zuhriah, F., Yulianti, S. I., & Ibrohim, M. (2023). Penguatan Berkebhinekaan Global dalam Profil Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 245-254. Doi: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3028
Larasati, S.A., & Suharno. 2019. Peranan Guru PPKn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di MAN 3 Bantul. Agora, 8 (2). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/index
Lestari, I. D. Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Dan Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMK Ganesa Satria 2 Depok. Sosio e-kons, 12 (1). 44-49. Doi: 10.30998/sosioekons.v12i1.5071
Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic.Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Magdalena, I., Haq. A. S., & R. F. 2020. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (3). 41-430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mahanum. 2021. Tinjauan Kepustakaan. Alacrity: Jurnal of education, 1 (2). Doi: https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Mumpuni, Atikah. 2018. Integrase Karakter Dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Budi Utama
Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan karakter Jujur. Jawa Barat: Nusa Media
Munir, B. Priharni, Y. & Setiawan, A. 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Jujur Siswa SMP Kelas VIII. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2 (2). https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji
Mutmainah, D., & Kamaluddin. 2018. Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa. CIVICUS: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6 (2). 44-53.
Natasari, A. S. (2019). Upaya Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini di TK Pelangi Alam Pnorogo. IAIN Ponorogo. 102.
Nursapia Haraha. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Permana, B. S., Dewi. D. A., & Furnamasari. 2021. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3). (8651-8659). https://jptam.org/index.php/jptam/issue/view/20
Rahmawati, Windi Chusniah. 2019. Promosi Kesehatan Dan Ilmunperilaku. Malang: Wineka Media
Rosyidi, Hamim. 2012. Psikologi Sosial. Surabaya: Cv. Jaudar.
Salim., Haidir., & Azhar, I. S. 2019. Penelitin Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis.
Jakarta: Kencana.
Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep dan Model.Pendidikan Karakter. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Saputri, E. D., & Ismaya, H. (2023). Upaya Guru Ppkn dalam Mencegah Bullying Sebagai Perilaku Menyimpang pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Parengan. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 195-200.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.Sunarso. et al., 2008. Pendidikan Keawrganegaraan: PKN untuk Perguruan Tinggi.
Yogyakarta: UNY Press
Syafitri, Rodhiyah. 2017. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions And Getting Answers Pada Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1 (2). 57-63.
Syifa, U. Z., Ardianti, S.D., & Masfuah, S. 2020. Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, 8 (8). 568-577. Doi: 10.31949/educatio.v8i2.2071
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. 2022. Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, 8 (8). 568-577.
Telalumbanua, F. 2019. Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis E-Learning. Jurnal Warta Edisi:62, 13 (4). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.503
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yolandasari, Mega Berliana. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan MiftahulHuda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Universitas Islam Negeri Salatiga
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.