Analisis Pembentukan Pendidikan Karakter Terhadap Peserta Didik Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Zahro’ Annisa’, Ernia Duwi Saputri, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstract

Education has a main in the development of a country. Each country can be called a developed country or a developing country, depending on the quality of it’s education. This is because the quality of the population in a country's human resources (HR) will develop if its education system can be optimized.  On the other hand, students must have noble character, be healthy, educated, proficient, innovative and independent. The result of the research that has been studied state that educational institutions are responsible for implementing learning initiatives that aim to improve the caracter of student , commonly known as PPK, states that educational institutions are responsible for thoughts harmony of feeling, thoughts, hearts, sport with collaboration between school establishment. The purpose of this research is to analyze the formation of caracter education for student based on existing regulations. Researchers used literature study research methods. The result obtained by researchers during this research show the formation of character towards for student is carried out in a formal, informal dan nonformal activities (intracurricular, co-curricular, extracurricular).

 

Abstrak

Pendidikan memiliki peran utama dalam pembangunan sebuah negara. Setiap negara dapat disebut sebagai negara maju atau negara berkembang, tergantung pada kualitas pendidikannya. Hal ini disebabkan oleh adanya kualitas penduduk masyarakat di suatu negara akan berkembang jika sistem pendidikannya dapat dioptimalkan.  Disisi lain, peserta didik harus berakhlak mulia, sehat, berpendidikan, mahir, inovatif, dan mandiri. Hasil penelitian yang sudah diteliti, menyatakan bahwa lembaga pendidikan bertanggung jawab untuk melaksanakan inisiatif pembelajaran yang memberikan tujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik melalui keselarasan rasa, pikiran, hati, olah raga dengan kolaborasi antar lembaga pendirian sekolah. Tujuan tersusunnya penelitian ini untuk menganalisis pembentukan Pendidikan karakter terhadap peserta didik berdasarkan dengan peratiran yang sudah berlaku. Peneliti menggunakan metode penelitian studi literatur. Hasil yang diperoleh peneliti selama penelitian ini menunjukan pembentukan karakter terhadap peserta didik dengan penyelenggaraan ini dilakukan secara terstruktur dalam kegiatan formal, informal dan nonformal (intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler).


Keywords


Karakter, pendidikan, peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Abduloh. Dkk. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Jawa timur: uwais inspirasi indonesia. Diakses pada kamis, 28 des 2023 06:30 WIB,

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7111320/apa-itu-intrakurikuler-berikutpengertian-dan-contoh-kegiatannya

Chomaidi, dan Salamah (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah.

Jakarta: PT. Grasindo.267

Irwansyah (2006), pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Bandung: Media Pratama, 208.

Kemendiknas. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta, 2011.

Khasanah, D., Junarti, J., Zuhriah, F. (2022). Profil kemandirian belajar siswa yang mengikuti kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 125-132.

Kholidah, NRJ., Saputri, ED. (2019). Pandangan mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap profesi pendidik. In Ed-Humanistics (Jurnal

Ilmu Pendidikan). (Vol. 04, No.01)

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Presiden No.87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indinesia Nomor 81A Tahun 2013,

lampiran III tentang Implementasi Kurikulum.

Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Cimahi: Jurnal. Vol. 1, No. 1: 11-13.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D, Alfabeta: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.