Analisis Gaya Mengajar Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII Di MTs Islamiyah Kasiman Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Abstract
The development of a country can be assessed from the quality of its human resources. Superior human resources are not born spontaneously, but through a continuous process from birth to death. This process is called education. In fact, the success of education determines the progress or decline of a country. Because education is the most important key to producing quality, talented human resources that are able to compete with other countries in the era of globalization. The purpose of this research is to find out what teaching style the teacher uses to improve the discipline of class VIII students at MTs Islamiyah Qasman VIII and to find out what teaching style the teacher uses to improve the discipline of class VIII students at MTs Islamiyah Qasman VIII is to find out how to improve the process. increasing student discipline. influence. This type of research is qualitative research based on research focus which aims to describe the teaching styles of PPKn teachers to improve student discipline at MTs Islamiyah Kasiman. In this research data collection is based on observation, interviews and documentation techniques. Based on the results of a questionnaire regarding the analysis of teachers' teaching styles in improving student discipline that researchers have provided in class VIII MTs Islamiyah Kasiman. A score of 162 was obtained with an average of 84.3 students stating that media in Civics learning can improve student discipline. Meanwhile, the second indicator regarding student violations in obeying school rules received a score of 81 and an average of 42%. This shows that the learning media or teaching style of PPKn teachers can improve student discipline.
Abstrak
Perkembangan suatu negara dapat dinilai dari kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia yang unggul tidak lahir secara spontan, melainkan melalui proses yang berkesinambungan sejak lahir hingga meninggal dunia. Proses ini disebut pendidikan. Padahal keberhasilan pendidikan menentukan maju atau mundurnya suatu negara. Sebab, pendidikan merupakan kunci terpenting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, bertalenta, dan mampu bersaing dengan negara lain di era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar apa yang digunakan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Qasman VIII dan untuk mengetahui gaya mengajar apa yang digunakan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Qasman VIII adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan proses peningkatan kedisiplinan siswa. pengaruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berdasarkan fokus penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru PPKn untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Islamiyah Kasiman.Dalam penelitian ini pengumpulan data didasarkan pada teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil angket tentang analisis gaya mengajar guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yang telah peneliti berikan di kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman. Diperoleh skor 162 dengan rata - rata 84,3 siswa menyatakan bahwa media pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Sedangkan pada indikator yang kedua tentang pelanggaran siswa dalam menaati tata tertib sekolah memperoleh skore 81 dan rata – rata 42%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran atau gaya mengajar guru PPKn dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ferlanda Lintang, Fifi Zuhriah, dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran PPKN untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTS. Jurnal Pendidikan: SEROJA.
Mardianto, Y., Azis, L. A., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan Dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1313–1322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1313-1322
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 12–17.
Pendidikan, P., Melalui, K., Pelajaran, M., Bojonegoro, K., Winanto, E.
D. Y., Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. A. N. (2019). Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial institut keguruan dan ilmu pendidikan persatuan guru republik indonesia 1.
Pigay, M., & Reba, Y. A. (2021). Hubungan antara gaya mengajar guru dan efikasi diri dengan kedisiplinan siswa SMA di Kota Jayapura. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 24–29. https://doi.org/10.26539/teraputik.51590
Rika, N., Ernia Duwi Saputri & Kholidah. (2023). Pandangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.