Efektivitas Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKN di Kelas VIII SMP Darussalam Baureno Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Abstract: This study aims to assess the efectiveness of integrating character education into the teaching of Pancasila and Civic Education (Civic) in junior high schools (SMP). Character education plays an essential role in molding the personalities and moral development of students, as well as in fostering the national values outlined in Pancasila. The study utilized a qualitative methodology employing a case study design. Data gathering included observations and in-depth interviews with both Civic teachers and students, and analysis of documents such as the curriculum and lesson plans (RPP). The data was analyzed descriptively to investigate how character education was incorporated into Civic learning activities and its impact on student attitudes and behaviors. The findings suggest that the integration of character education in Civic learning has generally been successful, there remain challenges to address. Teachers have successfully integrated character values like discipline, responsibility, and cooperation into various learning activities. Students have demonstrated improvement in comprehending and applying these values in their daily lives. Nevertheless, obstacles such as limited time and inadequate facilities represent challenges that must be overcome to enhance the effectiveness of character education implementation.
Abstrak: Studi ini bermaksud untuk mengevaluasi efektivitas implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP. Pendidikan karakter dianggap krusial dalam membentuk kepribadian dan moral siswa, dan dalam mengembangkan nilai-nilai kebangsaan yang tercantum dalam Pancasila. Metode studi yang diterapkan ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informasi diperoleh melalui pengamatan, wawancara mendalam dengan pengajar PKn dan murid, serta tinjauan dokumen seperti kurikulum dan RPP. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengeksplorasi integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn dan dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa. Temuan studi menggambarkan pendidikan karakter telah diimplementasikan dengan baik dalam pembelajaran PKn. Guru berhasil mengintegrasikan nilai-nilai seperti disiplin dan tanggung jawab dalam berbagai aktivitas pembelajaran, yang menghasilkan peningkatan pemahaman dan aplikasi nilai-nilai positif tersebut oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari studi ini ialah pendidikan karakter dapat memberikan dampak positif terhadap pembentukan kepribadian dan perilaku murid dalam konteks pembelajaran PKn.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Majid & Andayani Dian.2012.Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Amirul, Hadi dan Haryono.1998.Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.
Dwi, Surya Atmaja dan Sukmawati Fitri.2017.International Conference On Guidance and Counseling 2017.Pontianak: Islamic State Institut of Pontianak.
Dharma, Kesuma,dkk.2011.Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Endah, Sulistyowati.2012.Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter.Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.
Kholidah, N. R. J., dkk.2023.Penguatan Berkebhinekaan Global dalam Profil Pancasila Melalui Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa) Jurnal Pendidikan Edutama, 10 (2), 245-254. Doi : http;//dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2. 3028.
Lexi, Maleong.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Marzuki.1983.Metodologi Riset.Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fak Ekonomi-UII.
Masnur, Muslich.2011.Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara.
Muchlas, Samani & Hariyanto.2013.Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E.2011.Manajemen Pendidikan Karakter.Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkholis.2013.Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. I, No. 1.
Rusman.2012.Model-Model Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saputri, E.,dan Ismaya. Upaya Guru Ppkn dalam Mencegah Bullying Sebagai Prilaku Menyimpang pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Parengan Seroja : Jurnal Pendidikan.
Sjarkawi.2008.Pembentukan Kepribadian Anak.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Saat.2015.Faktor-Faktor Determinan dalam Pendidikan.Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, No. 2.
Suparni.2009.Perencanaan Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.
Syamsul, Kurniawan.2013.Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Widodo, Sembodo Ardi,dkk.2006.Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah.Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Wina, Sanjaya.2008.Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Yahya D.Khan,2010.Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Zainal, Rifai Veithza, dkk.2014.The Economics of Education., (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Zubaedi.2012.Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan.Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.