Analisis Nilai-Nilai Pancasila dalam Film Berjudul Buya Hamka Vol.1
Abstract
Abstract
The basis of the state or Pancasila contains several values including divinity, humanity, unity, democracy, and justice which much be practiced by the Indonesian people. Humans cannot be separated from technology. Film is also part of technology and is a medium for conveying social values and education that can influence people’s thinking. Buya Hamka Film Vol. 1 is a film that can be used as education on the application of Pancasia Values. The aim of this research is to analyze how the Pancasila values are practiced in the film Buya Hamka Vol. 1. This type of research is qualitative with Tzvetan Torodov’s narrative analysis method, namely dividing the story line into three parts, including the beginning story, middle story, and end story. The application of Pancasila values at the beginning of story, namely: divinity, humanity, people. At the centre of the story: divinity, humanity, unity, and democracy, At the and story: divinity, humanity, unity, and justice.
Abstrak
Dasar negara atau Pancasila mengandung beberapa nilai diantaranya, ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan yang wajib diamalkan oleh bangsa Indonesia. Manusia tidak lepas dengan adanya teknologi. Film juga bagian dari teknologi dan menjadi media penyampaian nilai-nilai sosial serta edukasi yang bisa mempengaruhi pemikiran masyarakat. Film Buya Hamka Vol. 1 adalah film yang bisa dijadikan edukasi penerapan Nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana praktik nilai-nilai Pancasila dalam Film Buya Hamka Vol. 1. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis naratif Tzvetan Torodov yaitu membagi alur cerita menjadi tiga bagian diantaranya, cerita awal, cerita tengah, dan cerita akhir. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan penerapan nilai-nilai Pancasila di cerita awal, cerita tengah, dan cerita akhir. Penerapan nilai-nilai Pancasila pada awal cerita yaitu: nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan kerakyatan. Pada tengah cerita: ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan. Pada akhir cerita: ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan keadilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminullah, A. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 620-628. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim.
Antari, S. P. L., & Liska, D. L. (2020) Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pengutan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Widyadari, 21(2), 676-678. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/articel/view/916.
Apriliany, L., & Hermiati, H. (2021, 15-16 Januari). Peran media film dalam pembelajaran sebagai bentuk pendidikan karakter. Artikel diseminarkan pada acara Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Palembang, Indonesia. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/articel/view/5605.
Ardhani, D. M., dkk. (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Gema Keadilan. 9(2),81-92 . https://doi.org/10.14710/gk.2022.16167.
Asmaroini, P. A. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi siswa di era globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraa, 4(2), 440-450. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077.
Astuti, W. Ratri. N., dkk. (2021). Pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam mengahadapi perkembangan IPTEK. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 42-49. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/articel/view1263.
Azizaty, S. S., & Putri, P. I. (2018). Analisis naratif Tzvetan Torodov pada film Sokola Rimba. Jurnal Pro TVF, 2(1), 51-61. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.12873.
Bintari, P. D., dkk. (2021). Pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila pada remaja di Era Society 5.0. Jurnal Penelitan dan Pengabdian Universitas Lampung, 2(1). https://doi.org/10.23960/ish.v2i1.48.
Fadli, R. M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, 21(1), 33-54. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/articel/view/38075.
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan karakter sebagai metodologi. Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.26618/equlibrium.v9i1.4489.
Manesah, D., dkk. (2018) Analisis pesan moral dalam film Jangan Baca Pancasila karya Rafdi Akbar. Jurnal Proporsi, 3(2), 176-187. http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.176-187.
Oktari, D., & Dewi, A. D. (2021). Pemicu lunturnya nilai Pancasila pada generasi milenial. Jurnal PEKAN, 6(1), 93-103. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170.
Putri, P. I. (2013). Mendefinisikan ulang film Indie : Deskripsi perkembangan sinema independen Indonesia. Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(2), 119-128. https://scholarhub.ui.ac.id/jkm/vol2/iss2/5.
Sa'adilla, A., dkk. (2023). Analisis naratif film Buya Hamka volume 1. Jurmal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10524-10528. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2999.
Saputri, D. E., & Kurniawan, D. I. (2022). Sistem Hukum Berkeadilan Gender sebagai Arah Pembangunan Indonesia. Jurnal kewarganegaraan, 6(3), 6405-6414. https://download.garuda.kemendikbud.go.id/article.php?article=3035313&val=20674&title=Sistem%20Hukum%20Berkeadilan%20Gender%20Sebagai%20Arah%20Pembangunan%20di%20Indonesia.
Sari, R., & Najicha, U. F. (2022). Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negrara dalam kehidupan masayarakat. Jurnal Pembelajran IPS dan PKN, 7(1), 53-58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445.
Semadi, P. Y. (2019). Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21268.
Swaradesy, G. R. (2021). Hubungan manusia dan teknologi dalam tinjauan filsafat Don Ihde (Studi Film Say Hello To Yellow karya BW Purba Negara). Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 8(1), 17-30. https://dx.doi.org/10.26742/layar.v8i1.1920.
Yanto, D. (2016). Pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. 14(25), 35-45. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.860
Zuhriah, F. (2021). Membangun Sikap Nasionaslis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Sejarah. JPE(Jurnal Pendidikan Edutama). 8(2), 133-140. https://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1819.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.