Analisis Faktor dan Dampak Pelanggaran Tata Tertib Terhadap Kebijakan Sekolah pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Gondang
Abstract
Abstract
The aim of the research conducted by SMPN 2 GONDANG was to analyze and explain the factors that contribute to students' violations of laws and regulations, as well as to examine and explain the consequences of violations of regulations on school policies. This research uses qualitative or descriptive methodology. Research findings show that students at SMPN 2 GONDANG still continue to violate school regulations. At SMPN 2 GONDANG, it appears that there are still many students who do not comply with school regulations, and there are also many students who violate school regulations. Student misconduct includes acts of indiscipline, including tardiness, failure to complete assigned homework or assignments, absence from class, smoking, and similar offenses. This shows that order has not become a culture for students
Abstrak
Tujuan penelitian yang dilakukan SMPN 2 GONDANG adalah untuk menganalisis dan menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan oleh siswa, serta untuk mengkaji dan menjelaskan akibat dari pelanggaran peraturan terhadap kebijakan sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif atau deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMPN 2 GONDANG masih terus melanggar peraturan sekolah. Di SMPN 2 GONDANG, terlihat masih banyak siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah, dan juga terdapat banyak siswa yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah. Pelanggaran siswa mencakup tindakan ketidakdisiplinan, termasuk keterlambatan, kegagalan menyelesaikan pekerjaan rumah atau tugas yang diberikan, ketidakhadiran di kelas, merokok, dan pelanggaran serupa. Hal ini menunjukkan bahwa ketertiban belum menjadi budaya bagi siswa- siswi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, Andarusni., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan. Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan. Sosial.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran.
Sarjono , FiFi Zuhriah , Siti Herawati Nur Hidayah (2020). Pengaruh minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa p-ada mata Pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK PGRI BOJONEGORO
Jakarta: Rineka Cipta Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: CV. Alfabeta.
Undang- Uundang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3. Pendidikan merupakan salah satu bidang pembangunan nasional yang sangat penting. Padahal, berkat pendidikan, terciptalah manusia yang berkualitas.
Siti mudmainah, Ernia Duwi Saputri, Heru ismaya(2023). Kreativitas guru dalam mengunakan metode pembelajaran untuk meningkatakan motivas belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas VII SMP Unggulan Al-Falah Pacul.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.