Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Baamboozle Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Parengan
Abstract
The non-implementation of the Discovery Learning learning paradigm which is assisted by baamboozle in the learning process has resulted in low learning achievement which is the impetus for conducting this research. This research is to determine the effect of using the Discovery Learning learning model assisted by Baamboozle on learning achievement in economics courses in class X-1 of SMA Negeri 1 Parengan. This research uses quantitative methodology, and the population consists of 222 class X students. The research sample was selected using the cluster random sampling method. by registering in class X-1 where the total number of students is 38 people and the exam results are the lowest. The tests used use this kind of learning tool. The findings of this study indicate that there is something substantial. The aim of this research is to determine the impact of the baamboozle-assisted Discovery Learning learning paradigm on the economic learning achievement of class X-1 students at Parengan State High School. The finding of Tcount 15.111 > Ttable 2.026 and sig value 0.000 < 0.05 shows this. Thus, it can be said that the Discovery Learning learning model assisted by Baamboozle has a significant influence on the economics learning achievement of class X-1 SMA Negeri 1 Parengan with H0 being rejected and Ha being approved.
Abstrak
Belum diterapkannya paradigma pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan baamboozle dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini untuk melihat pengaruh pemanfaatan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Baamboozle terhadap prestasi belajar pada mata kuliah ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 1 Parengan. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, dan populasinya terdiri dari 222 siswa kelas X. Sampel penelitian dipilih mengenakan metode cluster random sampling. dengan mendaftar di kelas X-1 yang jumlah siswanya keseluruhan 38 orang dan hasil ujiannya paling rendah. Tes yang digunakan menggunakan alat belajar semacam ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hal yang substansial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak paradigma pembelajaran Discovery Learning berbantuan baamboozle terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X-1 di SMA Negeri Parengan. Temuan Thitung 15,111 > Ttabel 2,026 dan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan hal tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Baamboozle memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X-1 SMA Negeri 1 Parengan dengan H0 ditolak dan Ha disetujui.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghni, RI (2018). Kegunaan dan ragam media pendidikan dalam pendidikan akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi di Indonesia. 16(1). Dari https://doi.org/10.2831/jpai.v16i1.20173%20
Cahyadi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi KElas XI IPS Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi). Dari http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11358
Aghni, R.I., dan Darmawan, R. (2024). Dampak memasukkan materi pembelajaran bambuzle ke dalam program keterampilan akuntansi dan keuangan institusi terhadap peningkatan kemampuan kolaborasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah, Poliglot 20(1). Dari http://dx.doi.org/10.19166/pji.v20i1.6564
Fitriani, UD, Gusanti, Y., & Rahayuningtyas, W. (2022). Penciptaan Pendidikan Tari Remo Trisnawati di MTSN 1 Kota Malang, memanfaatkan pendekatan pembelajaran berbasis permainan yang disebut Bamboozle. Jurnal Seni dan Pembelajaran, 10(x). Dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPS
Hahifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Mosel Pembelajaran Discivery Learning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecah Masalah Siswa di Sd. Jurnal Basicedu, 5(4),2021. Dari https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1261
Mariani, S.D., Surabaya, PBB, Larasati, D.A., & Stiawan, A. (2022). Dampak Blended Learning dengan Konten Baamboozle Terhadap Prestasi Akademik dan Motivasi Belajar Siswa. Dialektika Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (2). Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48607
Okanaryana, O., Oktiviani, V., & Kurniawan, H. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Ecogen, 6(2). http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14708
Puspitasari, Y., & Hurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1). Dari https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Febiola, S., Widjaya, G., Sa'diyah, I., Savitri, A., & Wicaksoni, F. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru SD/MI Menggunakan Edugames Berbasis Teknologi: Pelatihan Media Pembelajaran Quizizz dan Baamboozle. Publikasi Jurnal UNM, Jurnal Publikasi Pendidikan, 11. Dari https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.22951
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian PEndiikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1). Dari http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14708
Widiyati, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi KElas X IPS di SMA Muhammadiyah Karangampel. Maslahah: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). Dari https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/maslahah/article/view/159
Winangsih, E.T. (2022). Efektivitas Baamboozle dan Pola Komunikasi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi kasus di kelas V SDI Sinar Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan). Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.