Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) Terhadap Prestasi Belajar

Authors

  • Tereza Oktaviyona IKIP PGRI Bojonegoro
  • Nur Rohman IKIP PGRI Bojonegoro
  • Taufiq Hidayat IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Abstract

Archievement Education is something that is very influential for the continuity of life for the progress of society in Indonesia .it is mandatory to receive a proper education and is expected to always develop even individually. Education will never end forever.There are fifferences in the Discovery Learning model regarding learning achievement using convetional learning models in the subject of creative enterpreuneurial products(PKK) class XI SMKN 1 CEPU academic year 2023/2024.This research  is a type of quatitative Quarsi Eksperimental researchData collection tecniques use documentation,observasi and tests. The test instruments used are content validity test,reability test,level of difficulty and differentiability.The initial prerequisite test used is a normality test using the Lilliefors method with calculations showing that the sample comes from a normally distributed population, a homogeneity test using a one-sided t-test shows that both groups are in a balanced condition. The hypothesis test calculation used is the t-test. t-one party. From the calculation results of the hypothesis test, the value is 1.6697 and the value is 2.382 at the 5% significance level with dk = 66. value > thus DK which means rejected and accepted. The conclusion is that there is an difference  in the Discovery Learning learning model regarding learning achievement using convertional learning models in the subject of creative entrepreneurship produk (PKK) class XI SMKN1 Cepu academic year 2023/2024

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat berpengaruh untuk kelangsungan kehidupan untuk kemajuan masyarakat di Indonesia. Diwajibkan mendapatkan sebuah pendidikan yang layak dan diharapkan untuk selalu berkembang meskipun secara individu, Pendidikan tidak akan ada habisnya sampai kapanpun. terdapat perbedaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar meggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan (PKK) kelas XI SMKN 1 Cepu tahun pelajaran 2023/2024.Penelitian ini termasuk jenis Kuantitatif  penelitian Quasi Experimen.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Uji instrumen tes yang digunakan adalah uji validitas isi, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Uji prasyarat awal yang digunakan adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors dengan perhitungan menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dinyatakan homogen dan uji keseimbangan menggunakan uji-t satu pihak menunjukkan kedua kelompok dalam keadaan seimbang. Perhitungan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Dari hasil perhitungan uji hipotesis nilai   sebesar 1,6697 dan nilai   sebesar 2,382 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 66. Nilai   >   dengan demikian DK yang artinya  ditolak dan  diterima. Kesimpulan adalah terdapat perbedaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar meggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan (PKK) kelas XI SMKN 1 Cepu tahun pelajaran 2023/2024.

References

Alpian, yayan et. a. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.

Permana, T. I. et al. (2021). Pembentukan Karakter Wirausaha Anak Panti Asuhan Aisyiyah Dinoyo Malang melalui Batik Celup. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 51– 58. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.30025

Putra, A. (2021). Study Discovery Learning Mahasiswa Keperawatan Dalam. Idea Nursing

Journal, XII(1), 1–5. https://eprints.uny.ac.id/19025/1/Sakti Fajar Wanto_07503244028.pdf

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Downloads

Published

2024-08-14

Issue

Section

Articles