Eksperimentasi model pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) terhadap hasil belajar ekonomi
Abstract
Abstract
This study aims to identify differences in learning outcomes of class XI students at Madrasah Aliyah Islamiyah on the material of International Economic Cooperation between those using conventional learning models and TGT (Teams Games Tournament) learning models. The TGT model is an interesting and fun learning model. Through the TGT model, students are trained to think quickly and remember precisely according to the duration of each question given. Indirectly, this model is able to attract students' interest to be more active in the learning process. The method used in this study is a quasi-experiment. The population in this study were class XI students at Madrasah Aliyah Islamiyah Malo, with samples of class XI IPS 1 and XI IPS 2 students. The instrument used in this study was a final test (posttest). The results showed a Sig. (2-tailed) value <0.05, namely 0.001 <0.05, so Ha was accepted and Ho was rejected. This means that there is a significant difference in the learning outcomes of students taught using the TGT cooperative learning model in class XI of Madrasah Aliyah Islamiyah, especially in the material on International Economic Cooperation, which is assessed through a multiple-choice test.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Islamiyah pada materi Kerja Sama Ekonomi Internasional antara yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Model TGT adalah model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Melalui model TGT, siswa dilatih untuk berpikir cepat dan mengingat dengan tepat sesuai dengan durasi waktu setiap soal yang diberikan. Secara tidak langsung, model ini mampu menarik minat siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Islamiyah Malo, dengan sampel siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TGT di kelas XI Madrasah Aliyah Islamiyah, khususnya dalam materi Kerja Sama Ekonomi Internasional, yang dinilai melalui tes pilihan ganda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assayidi, Ahmad Abduh, Dimas Andhita Cahyo Sujiwo, And Dwi Noviani Sulisawati. "Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Madinatul Ulum." Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika 7.1 (2024): 378-391. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1839
Fadilah, C. F., Mutaqin, A., & Setiani, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 96-108. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14557
Farikhah, L., Purbasari, I., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4225-4233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1257
Fatmawati, E. & Yuliatin, R. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(1) 27 37. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1076
Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10-20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7
Sitepu, M., Napitupulu, R. P., & Sidabutar, Y. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6599-6606. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7757
Syamsiah, S., & Lodang, H. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Dibelajarkan Menerapkan Model Teams Games Tournament Dengan Model Pembelajaran Langsung. ORYZA (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI), 12(1), 43-49. https://doi.org/10.33627/oz.v12i1.1058
Tanjung, E. S., Theresia, M., & Nurbaiti, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(2), 22-28. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i2.319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.