Eksperimentasi Model Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ekonomi
Abstract
Abstract
This research aims to assess the differences in economic learning outcomes between the make a match learning method and traditional learning methods in class X MA Islamiyah Malo students. The make a match method is considered more interesting and fun, this model can help students develop thinking skills and make it easier for them to remember the material they have studied. Thus, this model can indirectly increase student participation in the learning process. This research applies a quasi-experimental method with an Unequal Control Group design. The research sample included 29 students from class X-2 as the experimental group and 29 students from class X-5 as the control group. Data is collected through documentation to assess students' initial academic data and tests to evaluate students' final learning outcomes. Data analysis techniques include normality test, homogeneity test, and hypothesis testing with t-test (Independent Sample Test). From the results of data analysis, it shows that hypothesis testing tcount is 3.833 > ttable 1.672 with a significance value (sig.2-tailed) with the t-test of 0.000. Because p-value = 0.000 < α = 0.05, the null hypothesis (H0) is rejected. Therefore, it can be concluded that there are differences in learning outcomes between students who use the 'make a match' learning model and students who use conventional learning models in economics lessons, especially regarding financial institutions, in class X MA Islamiyah Malo for the 2023 academic year/ 2024.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan hasil belajar ekonomi antara metode pembelajaran make a match dan metode pembelajaran tradisional pada siswa kelas X MA Islamiyah Malo. Metode make a match dianggap lebih menarik dan menyenangkan, model ini dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan mempermudah mereka dalam mengingat materi yang telah dipelajari. Dengan demikian, model ini Secara tidak langsung dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen kuasi dengan desain Kelompok Kontrol Tidak Setara. Sampel penelitian meliputi 29 siswa dari kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa dari kelas X-5 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui dokumentasi untuk menilai data akademis awal siswa dan tes untuk mengevaluasi hasil belajar akhir siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t (Independent Sample Test). Dari hasil analisis data menunjukkan pengujian hipotesis thitung 3,833 > ttabel 1,672 dengan nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000. Karena p-value = 0,000 < α = 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran 'make a match' dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pelajaran ekonomi, terutama mengenai lembaga keuangan, di kelas X MA Islamiyah Malo untuk tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka cipta. Jakarta
Frilia, P. S., Carolina, S. A., & Christina, M. L. (2019). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan model pembelajaran konvensional pada materi statistika. Prosiding Seminar nasional Pendidikan Matematika Unliversitas Pattimura, 1(1), 33-40.
https://ojs3.ulnlpatti.ac.id/inldex.php/mathedul/article/view/1612
Harahap, R. I. (2023). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya (Stuldi Qulasi Eksperimenl pada mata pelajaran ekonomi kelas XI MIPA SMA NLegeri 7 Tasikmalaya Tahulnl Ajaran (2022/2023). Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprinlt/9674
Manurung, M. R., Caska, C., & Sari, F. A. (2023). Penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JULRKAMI), 8(1), 140-149.
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/2068
Mulrdaningrum, M. I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas X IPS 3 MAN 2 Bantul. Jurnal Edutrained honlal Pendidikan dan Pelatihan. 5(2), 124-139. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.146
Redaksi Sinar Grafika.(2009). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) : UU RI No. 20 Th. 2003. Sinar Grafika. Jakarta.
Sari, I. NL., Haidar, K., & Ellyawati, NL. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Bengka. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 5(1), 21-34. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2416
Sari, P., Hidayat, N., & Zainal, V. Y. (2023). Pengaruh model pembelajaranl make a match terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS semester genlap SMA Negeri 4 Banldar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Ekonomia: Julrnlal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi, 5(1), 161-170.
http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/ekonomia/article/view/799
Sari, Y. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung. Social Pedagogy: Journal Of Social Science Education, 4(2), 145-154. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7639
Souhoka, F. P., Ayal, C. S., & Laamena, C. S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajar an Kooperatif Tipe Make A Match Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Statistika.Prosiding Seminar nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1(1), 33-40.
https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.