Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi

Putri Eka Wahyuningsih, Nur Rohman, Taufiq Hidayat

Abstract


Abstract.

This research was carried out with the aim of finding out the differences between the Think Pair Share (TPS) model and the conventional lecture model on economic learning outcomes. This research method is quantitative quasi-experimental, the research sample was taken from class XI-8 for the experimental class and class XI-6 for the control class. Data collection techniques using documentation were taken to obtain initial academic data obtained from odd semester UAS results and tests in the form of post-tests, given to obtain learning outcome data taken after treatment was given to both classes. Data analysis techniques use normality, homogeneity and hypothesis tests via t-test. From the results of data analysis, it shows that hypothesis testing tcount is 2.238 > Tabel 1.667 with a significance value (sig. 2-tailed) with a t-test of 0.029. With p-value = 0.029 < a = 0.05 then Ho is rejected. It can be concluded that there are differences between the Think Pair Share (TPS) learning model and the conventional lecture learning model on student economic learning outcomes. The learning process makes students more enthusiastic, reduces the tendency to be lazy, trains cooperation between students, and increases students' level of self-confidence.

 

Abstrak.

Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara model Think Pair Share (TPS) dan model konvensional ceramah terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimental, sampel penelitian mengambil kelas XI-8 untuk kelas eksperimen dan kelas XI-6 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi diambil untuk memperoleh data akademik awal yang diperoleh dari hasil UAS semester ganjil dan tes berupa pengambilan post-test, diberikan guna memperoleh data hasil belajar yang diambil setelah diberikannya perlakuan pada kedua kelas.  Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis melalui uji-t. Dari hasil analisis data menunjukkan pengujian hipotesis thitung 2,238 > ttabel 1,667 dengan Nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t sebesar 0,029. Dengan p-value = 0,029 < α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional ceramah terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Dalam proses belajar menjadikan siswa lebih lebih antusias, mengurangi kecenderungan malas, melatih kerjasama antar siswa, dan taraf percaya diri siswa semakin meningkat.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif, Think Pair Share (TPS), Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Cahyono, H. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(1), 49-56. DOI: https://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7351

Hastuti, N. D., Baedowi, S., & Prasetya, S. A. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Terhadap Nilai Belajar IPS. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1), 112-121. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24401

Khoirudin, K., & Supriyanah, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Kutabumi I Tangerang Banten. Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 77-85. DOI: https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3883

Latifah,S.S., & Luritawaty, I. P., (2020). Think Pair Share sebagai model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.590

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sihombing, L., Gultom, B. T., & Margareta, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swata Kartika 1-4 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8396-8405. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9688

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tumangger, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4912

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.