Pengaruh Pemberian Reward terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka Kelas X MA Negeri 2 Bojonegoro
Abstract
Abstract
Research was conducted to find out whether giving rewards had a positive influence on the economics learning outcomes of the 10th grade independent curriculum at MAN 2 Bojonegoro. This research was based on the results of field observations and interviews with economics teachers at MA Negeri 2 Bojonegoro, because students were still less enthusiastic about learning economics and their economic scores were still below average. This inspired researchers to conduct research on how students have enthusiasm for learning. The research method uses an experimental method with a quantitative approach. How to collect data using a reward scale. The population is class 10 MAN 2 Bojonegoro. Data collection includes documentation methods, interviews and tests carried out in the experimental class. Data analysis uses statistical tests in the form of presupposition tests, namely the Normality and Homogeneity tests, whereas the Hypothesis test is in the form of Uij-t. Informal research: Giving rewards has a significant influence on the economic learning outcomes of the independent curriculum for Class X MA NegerI 2 Bojonegoro. This can be seen at the significance level (2.752 > 2.00665).
Abstrak
Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah pemberian reward memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi kurikulum merdeka kelas 10 di MAN 2 Bojonegoro. Penelitian ini dilatarelakangi dari hasil observasi dilapangan dan wawancara dengan guru ekonomi MA Negeri 2 Bojonegoro, dikarenakan siswa masih kurang antusias dalam belajar ekonomi dan nilai ekonomi masih dibawah rata-rata. Hal ini menginspirasi peneliti melakukan penelitian bagaimana siswa memiliki semangat dalam pembelajaran. Methode penelitian menggunakan methode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Cara mengumpulkan data dengan menggunakan skala reward. Populasinya yaitu kelas 10 MAN 2 Bojonegoro. Pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, wawancara dan tes yang dilakukan pada kelas eksperimen. Analisis data memakai tes statistik berupa tes praanggapan yaitu tes Normalitas dan Homogenitas sebalikya tes Hipotesis berupa Uij-t. Informal penelitian: Pemberian reward memberikan pengaruh yang signifikansi terhadap hasil pembelajaran ekonomi kurikulum merdeka Kelas X MA NegerI 2 Bojonegoro. Hal ini terlihat pada tingkat signifkansi (2,752 > 2,00665).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. R., & Rosyid, M. Z. (2018). Reward & Punishment dalam Pendidikan. Literasi Nusantara
Adhitomo, Wirawan et.al. 2018. Pengaruh Rewar dan Punishment Terhadap Kinerja dan Motivasi Karyawan Pada Cv Media Kreasi Bangsa. Journal of Applied Business Administration Vol 2, No 2. hlm. 242-247. Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam.
Asriyanti, F. D., & Janah, L. A., (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183
Aswardi et.al. 2019. “Pengembangan Trainer Programmable Logic Controller Sebagai Media Pembelajaran” Jurnal electrical and vocational enginereing, 5 ( 1 ), 51–56.
Azkiya, Elfinida. 2023. Pengaruh Reward dan IceBreaking pada informal pembelajaran murid kelas 4 pelajaran PPKn di SD Negeri Tambakrejo 1 Cilacap” Tesis Universitas Islam Negeri Profesor KH. Saifuddin Zuhri. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19685
ELFANIDA, ZAHRA (2023). ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL PADA IKLAN SIRUP MARJAN VERSI RAMADHAN 1443 H (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
Herlian, Gida Dwi (2016). Studi komparatif penerapan model cooperatif learning teknik student team achiemeent division dengan teknik team assisted individualization terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Kompri. (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Siswa dan Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Loliyana et.al, (2022). “Pengaruh reward dan icebreaking pada Motivasi Belajar siswa di SD negeri pedesaan di lampung, Indonesia” Jurnal Kemajuan Pendidikan dan Filsafat, 6(9), 450–454.
Marwati, S., Shobayar, N., Kurniawan., Pengaruh Hadiah dan Hukuman Terhadap Disiplin Belajar Siswa (Survei pada siswa kelas XII IPS dan XII IPA SMAN 1 Karang nunggal tahun 2024). Jurnal Penelitian Mahasiswa IPA, 2(1), Februari 2024.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil belajar Siswa. ProsidingSesiomadika, 2(1c). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Ngalim, P. M., (2011). Ilmu Pendidikan teoritas dan Praktis, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Raharja, H.S. 2016. Budi Daya Tanaman Kelapa Sawit. PT Sunda Kelapa Pustaka, Klaten.
Setiawati, S.M, 2018. Telaah Teoritis : Apa itu elajar?, Jurnal penelitian dan pembelajaran, 34(2). https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458
Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&. Bandung: Alfabeta.
Sujana, I.W.C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29-39.
Surbakti, Amelia. (2019). Pengaruh reward pada informal pembelajaran matematika siswa kelas IV SDNegeri 101740
TanjungSelamat tahun 2019. Jurnal Ilmiah aquinas, 2 ( 2).
Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 (1). Republik Indonesia, Jakarta.
Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.