Membangun Kemandirian Belajar Aljabar Abstrak melalui Modul Pendampingan

Junarti Junarti, M. Zainudin, Yeti Novela

Abstract


Abstrak— Pemerintah sejak tahun 2016 melakukan revolusi karakter bangsa melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Karakter kemandirian dalam belajar matematika penting untuk dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kemandirian belajar matematika khusunya pada aljabar abstrak melalui pendampingan modul. Penelitian ini menggunakan metode digunakan deskriptif kualitatif yang diawali pendekatan kuantitatif sebagai data awal penentuan subyek penelitian  ke dalam kelompok kemandirian tinggi, sedang dan rendah.  Instrumen yang digunakan member check, tugas-tugas mingguan individu, tes aljabar abstrak, dan angket kemandirian belajar. Subjek dipilih 2 dari masing-masing kelompok kemandirian berdasarkan perbandingan tetap dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan aljabar abstrak. Hasil penelitian dari  masing-masing subyek karakter kemandirian tinggi, sedang, dan rendah menunjukkan 1) mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, mempunyai inisiatif, mempunyai tanggungjawab, mempunyai semangat/motivasi dan mempunyai kedisiplinan yang tinggi; 2) adanya usaha untuk mengarah ke mandiri, namun masih mempunyai kepercayaan diri yang sedang, kadangkala ada inisiatif, ada  tanggungjawabjika ada tugas dari dosen, motivasi ketika mengerjakan tugas juga sedang dan kedisiplinannya juga kurang; 3) sudah  ada usaha untuk mengarah ke kemandirian dalam belajar, namun kepercayaan dirinyamasih sedang, kurang ada inisiatif,  kurang tanggungjawab, motivasi ketika mengerjakan tugas juga sedang dan kedisiplinannya juga kurang.

 

Kata kunci—Kemandirian belajar, modul pendampingan, aljabar abstrak

 

Abstract— Since 2016, the government has been transforming the nation's character through the Character Education Strengthening (Penguatan Pendidikan Karakter/PPK) campaign. As prospective teachers, it is essential for students to possess the character trait of mathematical independence. Through the use of modules, this study aims to promote mathematical independence, particularly in abstract algebra. This research employed a qualitative descriptive method that is preceded by a quantitative approach to gather preliminary data for categorizing research subjects into high, medium, and low independence groups. Instruments of this study include member checks, individual weekly tasks, abstract algebra tests, and questionnaires on learning independence. A fixed comparison of students who attended abstract algebra courses was utilized to pick two subjects from each independence group. The following are the findings that emerged from the research conducted on subjects with high, medium, and low levels of independent personality. (1) Students who have high level of independence also have a high level of self-confidence, a high level of initiative, a high level of responsibility, a high level of spirit or motivation, and a high level of discipline; (2) students who have a medium level of independence tend to have an effort to lead to self-reliance, but still have a medium level of confidence; they have an initiative and responsibility with the tasks from the lecturer; they have medium motivation but low discipline; and 3) students who have a low level of independence typically make an attempt to lead to a higher level of independence in learning; nevertheless, his confidence is moderate, he lacks initiative, he lacks responsibility, and drive when it comes to completing tasks, and their discipline is poor.

 

Keywords— learning independence, modul learning, abstract algebra


Full Text:

PDF

References


Adams, N., Hayes, C., Dekkers, A., Elliot, S., & Atherton, J. (2012). Obtaining learning independence and academic success through self-assessment and referral to a Mathematics Learning Centre. The International Journal of the First Year in Higher Education, 3(2): 21-32. doi: 10.5204/intjfyhe.v3i2.126.

Adiningsih, D. (2012). “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogjakarta: UNY.

Bunandar, A.E.S. (2016). “Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X Mas Al-Mustaqim Kubu Raya”. Skripsi. Pontianak: Universitas Muhammadiyah.

Capaldi, M. (2014). “Non-Traditional Methods of TeachingAbstract Algebra”. PRIMUS: Problems, Resources, and Issues in Mathematics Undergraduate Studies, 24(1): 12-24, DOI: 10.1080/10511970.2013.821427.

Creswell, J.W. (2017). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ferinaldi & Rais, H. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2): 94-102. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ jpmr/ article/view/11414/5739

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional”. Dipeoleh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Kusumawati, H.D. & Aminudin, M. (2019). Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Matematika dengan Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kritis sebagai Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Negeri 1 Ungaran. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2): 88-97.

Mahmoodi, M.H. & Ghaslani, B.K.R. (2014). Self-Regulated Learning (SRL), Motivation and Language Achievement of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 98: 1062-1068. https://doi.org/10.1016/ j.sbspro.2014.03.517

Meyer,B., Haywood, N.,Sachdev, D & Faraday,S. (2008).Independent Learning –Literature Review, Research Report DCSF-RR051 (Department for Children Schools and Families).

Meyer, W.R. (2010). Independent Learning: a Literature Review and a New Project. Evaluation and Research Department, LSN Paper presented at the British Educational Research Association Annual Conference, University of Warwick, 1-4 September 2010. http://www.leeds.ac.uk/educol/ documents/ 193305.pdf.

Ranti, M.G., Budiarti, I., Trisna, B.N. (2017). “Pengaruh Kemandirian belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 75-83. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57.

Riadi, M. (2013). Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Modul Pembelajaran. (diupload Minggu, 31 Maret 2013). https://www. kajianpustaka.com/ 2013/03/pengertian-kelebihan-kelemahan-modul- pembelajaran.html.

Rista, L., Ikhsan, M. & Hizir. (2016). “Meningkatkan Kreativitas Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1): 64-76

Salinan Peraturan Presiden Republik Indonesia. 2017. Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. https://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017.pdf.

Setiawan, A., Abdullah, R., & Apdeni, R. (2018). “Kontribusi Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP”. Journal of Civil Engineering and Vovational Education, 5(2): 2201-2205 DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i2.10393

Sugandi, A.I. (2013). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA”. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 2(2).

Teguh , W. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun III Kotagede Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tekkol, I.A. & Demirel, M. (2018). “An Investigation of Self-Directed Learning Skills of Undergraduate Students”. Frontiers in Psychology. DOI: 10.3389/fpsyg.2018.02324.

Tureni, D. (2017). “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam Meningkatkan Motivasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Universitas Tadulako”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1): 21-25. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Utami, R.E., Nugroho, A.A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). “Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah”. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2): 268-283.

Zamnah, L.N. & Ruswana, A.M. (2019). “Implementation of Self-Directed Learning Model to Improve Students’ Selfregulated Learning And Self-Confidence”. Journal of Physics: Conference Series, 1188 012081. doi:10.1088/1742-6596/1188/1/012081.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.