Problematika Pembelajaran Daring terhadap Karakter Anak di SMK PGRI 2 Bojonegoro

Putri Novitasari, Ali Mujahidin, Ali Noeruddin

Abstract


Abstrak - Dampak wabah virus Corona pada sektor ekonomi, pariwisata hingga pendidikan, menyebabkan aktivitas terhenti. Untuk menekan penyebaran virus Covid-19, pemerintah menerapkan social distancing di berbagai daerah agar penyebaran virus Covid-19 tidak meluas. Agar nantinya virus Corona-19 tidak menyebar, dari dampak social distancing ini, pembelajaran di Indonesia dilakukan dengan berani atau online. Penanaman karakter siswa melalui pembelajaran online memiliki permasalahan serius yang harus dihadapi bersama oleh guru, siswa, orang tua dan pemerintah. Karena penanaman karakter pada siswa selama pembelajaran online belum optimal. Masalah mendasarnya adalah tidak semua siswa memiliki perangkat, jaringan internet yang tidak stabil, kuota internet yang cepat habis atau tidak memiliki kuota, materi yang sulit dipahami, dan masalah lain yang mengganggu proses pembelajaran online. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Akibat dari pembelajaran online ini sikap siswa menjadi sangat tidak terkontrol oleh guru. Penyebabnya adalah karena kurangnya pengawasan dari guru dan orang tua. Menyebabkan siswa bersikap sewenang-wenang terhadap guru dalam pembelajaran. Ditambah siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran, dan kurang sopan dalam memberikan jawaban kepada guru. Selama pembelajaran online ini, karakter siswa sangat berubah, karena kurangnya pengawasan dari guru dan orang tua sehingga karakter disiplin, kejujuran dan tanggung jawab yang ada pada siswa tidak dapat dikendalikan.

Kata kunci - Problematika; Pembelajaran; Daring; Karakter

 

 

Abstract - The impact of the  Corona Disease virus outbreak from the economic sector, tourism to education, causing activities to stop. To reduce the spread of the Covid-19 virus, the government implements social distancing in various areas so that the spread of the Covid-19 virus does not expand. So that later the Corona-19 virus does not spread, from the impact of this social distancing, learning in Indonesia is carried out boldly or online. The cultivation of student character through online learning has serious problems that must be faced together by teachers, students, parents and the government. Because the cultivation of character in students during online learning is not optimal. The basic problem is that not all students have devices, unstable internet networks, internet quotas that run out quickly or do not have quotas, material that is difficult to understand, and other problems that interfere with the online learning process. The research method uses a descriptive qualitative research approach. As a result of this online learning the attitude of students become very uncontrollable by the teacher. This cause is due to lack of supervision from teachers and parents. Causing students to be arbitrarily against the teacher in learning. Plus students who do not pay attention to learning, and are less polite in giving answers to teachers. During this online learning, the character of the students changes greatly, due to the lack of supervision from teachers and parents so that the character of discipline, honesty and responsibility that exists in students cannot be controlled.

Keywords - problem; learning; online; character


Full Text:

PDF

References


Asumi. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 281-288.

Abdusshomad, A. (2020) ‘Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter

Arifa, F.N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa

Ayu Hantika, d. R. (2022.). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin, Jujur, Dan Tanggung Jawab Sd Di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 36-43 Volume 7r.

Basar, A. M. (2021 ). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 208-218.

CNN. (2020, April Senin). Jokowi tetapkan wabah Corona sebagai Bencana Nasional. Jakarta: CNN Indonesia.

Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’,Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89

Lia Titi Prawantia dan Woro Sumarnib. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 287-291.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Harri Jumarto Suriadi, F. R. (2020). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. 165-173.

Jamadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Dan Solusinya. Jurnal Inovasi Riset Akademik, Vol 1. No 1. Agustus 2021, e-ISSN : 2807-1808 | P-ISSN : 2807-2294.

Kemendikbud, Surat Edaran No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Kemendikbud surat keputusan Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Kemendiknas 2011 mengenai 18 karakter anak

Keputusan Presiden No 12 thn 2020 tentang Penetapan Bencana Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional.

Kemendikbud (2020, oktober 21) pembelajaran jarak jauh (PJJ) bisa jadi model pendidikan masa depan. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Mira Juliya, d. Y. (Januari 2021). Analisis Problem Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi belajar Siswa. Genta Mulia, 281-294.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Muhamad Sholichin, Z. L. (2021). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata elajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 163-168.

Mulyati, R. E. (2020,). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia,, 49-59.

Nababan, A. Y. (2021). Siswa, Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter. Satya Widya, 54-61.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 1, 33-41.

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.

Pembengo, N. (2020, maret 12). WHO tetapkan Covid-19 sebagai Pandemi. Gorontalo: Dinas kesehatan provinsi Gorontalo.

Puspita, I. (2012). Pendidikan Karakter Jujur (P. Halaman 3). Cahaya Bangsa Mijen.

Prastika, M. D. W. (2018). Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2, 2020,, 49-59. Reni Sofia Melati, S. D. ( 2021 ). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3062 - 3071 Volume 3 Nomor 5 Tahun.

Rokom. (2020). Status Wabah Corona di Indonesia Ditetapkan sebagai Bencana Nasional. Jakarta: 15 Maret .

Srigati, D. (n.d.). Membentuk Karakter Siswa di Masa Pandemi COVID-19.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.

Santika, I. G., Rindawan, I. K., & & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub NO.79 TAHUN 2018 dalam menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosding Seminar Nasional Inobali, 9811-990.

Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Setyorini (2020) ‘Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13 ?’, Jiemar, 01(Juni), pp. 95–102.

Sholichin, M., Zulyusri, Lufri, & Raza, d. A. (2021). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. urnal Ilmiah Pendidikan Biolog, 163-168.

Santika, I. W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 8-19 Vol 3 No 1,.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.

Wahyuningsih, K. S. (MARET 2021). Problem Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. JURNAL PANGKAJA , 107-118 VOL. 24.

Widyanti, A., Hasudungan, S., & Park, J. (2020). E-learning readiness and perceived learning workload among students in a Indonesian university. Knowledge Management & Elearning, XII(1), 18-29. doi:10.34105/j.kmel. 2020.12.002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.