Pengaruh Model Word Square terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Kelas IV SD Negeri 1 Weru Lor Kabupaten Cirebon

Yati Yati

Abstract


Abstrak - Upaya pengajaran telah dilakukan oleh pendidik, namun hasil yang didapatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan, untuk mengatasi hal tersebut maka diciptakan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan, karena pembelajaran yang menyenangkan akan membawa siswa pada pengalaman belajar yang mengesankan sehingga siswa menjadi termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, dan hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajarnya. Hal itu diwujudkan dengan cara penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi pembelajaran, salah satu model pembelajaran itu adalah Word Square yang diterapkan kedalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 1 Weru Lor. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui efektivitas penggunaan model Word Square dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi Kelas IV SD Negeri 1 Weru Lor. 2). Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Word Square pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi, komunikasi dan transportasi kelas IV SD Negeri 1 Weru Lor. Dari populasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Weru Lor sejumlah 19 siswa, dan 19 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen dan hanya memberikan perlakuan pada satu kelas dengan menggunakan one test post test. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data bahwa Dari hasil perhitungan presentasi angket dapat disimpulan bahwa 63% siswa memiliki respon positif dan 37% memiliki respon negatif terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model Word Square, maka dapat di katagorikan respon yang sangat kuat. Hal ini menujukan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model Word Square sangat kuat. Persamaan adalah Y = 57,381 + 0,377X yang artinya bahwa untuk setiap kenaikan satu nilai variabel X (variabel bebas) maka akan diikuti oleh kenaikan nilai pada variabel Y (variabel terikat) sebesar 0,377 dengan konstanta 57,381. Selanjutnya model persamaan regresi dapat digunakan untuk memprediksi prestasi belajar siswa yang dipengaruhi model Word Square dengan nilai Fhitung sebesar 5,788 sedangkan Ftabel dengan α = 5%, F(17) sebesar 2.29. Selain itu besarnya koefesien determinasi sebesar 0,504 x 100% = 50.4%  yang artinya model Word Square mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 50,4%. Setelah itu dapat dilihat bahwa nilai thitung sebesar 2,406 sedangkan ttabel dengantaraf signifikan 5% yaitu T(19-2) = 1,740 maka Thitung ≥ Ttabel atau T2,406 ≥ T1,740 yang artinya Ha diterima atau penggunaan model Word Square dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi Kelas IV SD Negeri 1 Weru Lor.

Kata kunci : Model Word Square, Prestasi Belajar

 

Abstract - Teaching efforts have been carried out by educators, but the results obtained by students in the learning process are not in accordance with the expected goals, to overcome this, a pleasant learning process is created, because fun learning will bring students to experience impressive learning so that students become motivated in participating in the learning process, and this can improve their learning outcomes. This is realized by applying a learning model that is in accordance with the character of the learning material, one of the learning models is Word Square which is applied to social studies learning the subject of the development of production, communication and transportation technology in class IV SD Negeri 1 Weru Lor. This study aims to 1). Knowing the effectiveness of using the Word Square model can improve student achievement in social studies learning the subject of the development of production, communication and transportation technology for Class IV SD Negeri 1 Weru Lor. 2). Knowing students' responses to the use of the Word Square learning model for social studies learning the subject of technology development, communication and transportation for class IV SD Negeri 1 Weru Lor. From the population of fourth grade students at SD Negeri 1 Weru Lor, 19 students were selected, and 19 students were used as research samples. The method used in this study is a quantitative method. The research was carried out using the experimental method and only giving treatment to one class by using a one test post test. Meanwhile, the data collection technique used test, observation and questionnaire techniques. Based on the results of data analysis, it can be concluded that 63% of students have a positive response and 37% have a negative response to social studies learning using the Word Square model, so it can be categorized as a very strong response. This shows that the student's response to social studies learning the subject of the development of production, communication and transportation technology using the Word Square model is very strong. The equation is Y = 57.381 + 0.377X, which means that for every one increase in the value of the X variable (the independent variable) it will be followed by an increase in the value of the Y variable (the dependent variable) of 0.377 with a constant 57.381. Furthermore, the regression equation model can be used to predict student achievement influenced by the Word Square model with an Fcount of 5.788 while Ftable with = 5%, F(17) of 2.29. In addition, the magnitude of the coefficient of determination is 0.504 x 100% = 50.4%, which means that the Word Square model affects student learning achievement by 50.4%. After that it can be seen that the value of tcount is 2.406 while ttable with a significant level of 5% is T(19-2) = 1.740 then Tcount Ttable or T2,406 T1,740 which means Ha is accepted or the use of the Word Square model can increase student achievement in social studies learning the subject of the development of production, communication and transportation technology for Class IV SD Negeri 1 Weru Lor.

Keywords - Word Square Model, Learning Achievement


Full Text:

PDF

References


Alam. B (Susanto, Ahmad). 2013. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranemedia Group.

Permendiknas Tahun 2006 tentang Ruang Lingkup Pembelajaran IPS.

Purwadarminta, W. J. S. (Hamdani). 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Qohar dan Jamarah (Hamdani). 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Robert (Huda, Miftahul). 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2013). Model – Model Pembelajaran : Mengembangkan. Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran Iinovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Zuraik dalam Djahiri (Susanto, Ahmad). 2013. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranemedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.