Peran Penting Artificial Intelegent dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Bagi Siswa di Indonesia

Raihana Astagisa, Ramadhan Dwi Aldiansyah, Muhammad Minan Chusni

Abstract


Abstrak— Indonesia kini sedang sudah memasuki era society 5.0. Berdasarkan data penggunaan kecerdasaan buatan, pengguna internet di Indonesia dari tahun 2021 hingga 2022 bertambah sebesar 1.03% , atau sekitar 204,7 juta pengguna pertahun. Dari  204,7 juta pengguna internet di Indonesia mayoritas terbesar adalah usia 5 tahun ke atas, ini membuktikan bahwa perkembangan kecerdasan buatan di Indonesia bekembang pesat hingga 70% dari data pengguna internet. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin agar dapat berperilaku layaknya manusia atau istilah lainnya disebut cognitive tasks, yaitu bagaimana mesin bisa belajar secara otomatis dari data dan informasi yang sudah diprogramkan. Kecerdasaan buatan dapat juga diartikan Kecerdasan buatan atau AI adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Dapat disimpulkan keterlibatan Artificial intelegent di ranah masyarakat sudah sangat besar sehingga sektor pendidikan akan tersentuh oleh perkembangan Artificial Intelegent, dan akan mempengaruhi sistem pendidikan di sekolah , dimana teknologi Pendidikan nya akan semakin berkembang.

Kata kunci—pendidikan; kecerdasan buatan; teknologi;

 

 

Abstract— Indonesia is now entering the era of society 5.0. Based on data on the use of artificial intelligence, internet users in Indonesia from 2021 to 2022 will increase by 1.03%, or around 204.7 million users per year. Of the 204.7 million internet users in Indonesia, the largest majority are aged 5 years and over, this proves that the development of artificial intelligence in Indonesia is growing rapidly up to 70% of internet user data. Artificial Intelligence or artificial intelligence is the process of modeling human thinking and designing a machine so that it can behave like humans or other terms called cognitive tasks, namely how machines can learn automatically from programmed data and information. Artificial intelligence can also be interpreted Artificial intelligence or AI is one part of computer science that makes machines (computers) able to do work as and as well as humans do. It can be concluded that the involvement of Artificial intelligence in the community is very large so that the education sector will be touched by the development of Artificial Intelligence, and will affect the education system in schools, where educational technology will continue to develop.

Keywords— education; artificial intelligence; technology;


Keywords


education; artificial intelligence; technology

Full Text:

PDF

References


Agustini, K. (2017, September). Inovasi Teknologi dalam Pendidikan melalui Big Data Analytic dan Personalized Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-8. Bali (Vol. 9).

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2020). Digitalisasi dalam Proses Pembelajaran dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(1), 1-10.

Arta, I. G. A. J. (2021, May). Digitalisasi Pendidikan: Dilematisasi Dan Dehumanisasi Dalam Pembelajaran Daring Perspektif Filsafat Paulo Friere. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 96-107).

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.

Fitria, Tira Nur. "ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) IN EDUCATION: USING AI TOOLS FOR TEACHING AND LEARNING PROCESS." Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS. 2021.

Jauhari, J., & bin Ibrahim, M. (2013). Intelligent Tutoring System sebagai Upaya Inovatif dalam Pembelajaran untuk Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jurnal Generic, 5(2).

Khomariyah, K. N., & Afia, U. N. (2020). DIGITALISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI DAMPAK ERA KEBERLIMPAHAN. ISoLEC Proceedings, 4(1), 72-76.

Nasution, Mardiah Kalsum. "Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa." Studia Didaktika 11.01 (2018): 9-16.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Supangat, S., Saringat, M. Z. B., & Koesdijarto, R. (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 270-279.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.