Inovasi Produk Minuman Kopi pada Kafe Ruang Ketiga

Satriadi Satriadi, Muhammad Sahid Dimitri, Pilar Adefadillah, Hery Setiawan, Nurul S. Hayat

Abstract


Abstrak—Inovasi merupakan sebuah gagasan baru untuk memperbarui suatu produk atau proses dan jasa. Selain untuk bersaing dengan kompetitor, inovasi penting peranya dalam mengembangkan bisnis sehinga menciptakan ciri khas suatu produk, tak terkecuali pada kopi. Bisnis kedai kopi menjadi fenomena dan daya tarik tidak hanya kalangan dewasa, tetapi kepada remaja terkhusus di Kota Tanjungpinang. Dalam usaha kafe spesialis kopi di tanjungpinang masih sedikit orang yang mengenal kopi murni seperti di Ruang Ketiga. Sehinga inovasi perlu diaplikasikan terus-menerus untuk mengenalkan dari segi kualitas dan rasa. Hal ini dilakukan agar minuman kopi  dapat dinikmati dan masyarakat sekitar dapat menerima minuman kopi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengembangan produk baru di Ruang Ketiga dan mengetahui faktor atau difference minuman kopi di Ruang Ketiga dengan tempat lain. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif, yakni melalui data yang telah diperoleh dan dikumpulkan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan perbedaan dengan adanya inovasi berbagai prosedur pembuatan yang dilakukan kafe Ruang Ketiga, berbeda dengan pesaing yang melakukan pembuatan kopi dengan instan. Yang membuat perbedaan dalam pembuatan kopi yaitu proses penggilingan dan variasi rasa kopi dari berbagai daerah, dalam hal rasa tidak hanya rasa pahit, tetapi asam dan kecut.

Kata Kunci - Inovasi, Bisnis, Produk, Kopi

 

Abstract - Innovation is a new idea to update a product or process and service. In addition to competing with competitors, innovation plays an important role in developing a business so that it creates the characteristics of a product, especially coffee. The coffee shop business has become a phenomenon and has become an attraction not only for adults, but also for teenagers, especially in the city of Tanjungpinang. In the coffee specialist Kafe business in Tanjung Pinang, still few people know with pure coffee as in the third room. So that innovation needs to be applied continuously to introduce quality and taste. This is done so that coffee drinks can be enjoyed and the surrounding community can accept the coffee drinks. The purpose of this study was to determine the stages of new product development in the third room and to find out the factors or differences in coffee drinks in the third room with other places. The research method carried out by the researcher is a descriptive qualitative method, namely through the data that has been obtained and collected. The conclusion of this study shows the difference with the innovation of various manufacturing procedures carried out by the third room Kafe, in contrast to competitor who make instan coffe.   What makes the difference in coffee making is the grinding process and the variation in the taste of coffee from various regions, in terms of taste not only bitter, but sour, and sour.

Keywords: Inovation, Business, Product, Coffe


Full Text:

PDF

References


Covid19.go.id. (2022). Situasi Covid-19 di Indonesia. https://covid19.go.id/

Fauzani, S. M., & Dra. Nellyaningsih, M. . (2019). Tinjauan Personal Selling Pada Pt Bank Negara Indonesia Jpk Di Bandung Tahun 2019. 3(2), 899–908.

Rahadi, T. J. M. & R. (2021). INOVASI DAN KREATIFITAS UMKM DI MASA PANDEMI Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan usaha mikro kecil dan menengah UMKM yang cukup banyak . Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) sudah mencapai 64 juta ( BPS , 2020 ). Angka tersebut. IX(1), 44–52.

Simanjorang, E. F. S. (2020). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Warkop On Mada Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91–101. http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/article/view/1903


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.