Inovasi Bisnis: “Upaya Adaptasi UMKM Teh Shila di era Pandemi Covid-19”

Satriadi Satriadi, Lukman Hidayat, Nanda Dewi Anggraeni, Muhammad Firmansyah, Sandri Zuntika

Abstract


Abstrak - Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang besar terhadap berbagai sektor kehidupan, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). UMKM harus beradaptasi dengan kondisi tersebut. UMKM Teh Shila merupakan UMKM yang ada di Kota Tanjungpinang. Untuk menghadapi kondisi ini, UMKM Teh Shila memiliki beberapa permasalahan. Permasalahannya adalah label kemasan tidak marketable, kemasan produk tidak marketable, dan UMKM kurang berkembang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui inovasi yang dilakukan dalam rangka adaptasi yang dilakukan oleh UMKM Teh Shila di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan kualitatif untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada peneliti, teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Lalu menggunakan uji triangulasi untuk mengetahui data valid atau tidak. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi bisnis yang dilakukan Jajanan Teh Shila mempunyai ciri khas jawa barat yaitu cita rasa makanan pedas dan asin. Kemudian perbaikan label kemasan yang marketable, mengintroduksikan kemasan marketable dengan standing pouch, dan perbaikan dari spanduk produk.

Kata kunci - Inovasi, Bisnis, Produk, UMKM.

 

Abstract - The COVID-19 pandemic has had a major impact on various sectors of life, including Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). MSMEs must adapt to these conditions. Teh Shila SMEs are SMEs in Tanjungpinang City. To deal with this condition, Teh Shila SMEs have several problems. The problem is that packaging labels are not marketable, product packaging is not marketable, and MSMEs are underdeveloped. This study was conducted to find out the innovations carried out in the context of adaptation carried out by Teh Shila SMEs during the Covid-19 pandemic. The method used is qualitative to provide comprehensive information to the researcher, the analytical technique used in this research is descriptive and the data collection method uses purposive sampling. Then use the triangulation test to find out whether the data is valid or not. The results of this study indicate that the business innovation carried out by Snack Tea Shila has a characteristic of West Java, namely the taste of spicy and salty food. Then repair marketable packaging labels, introduce marketable packaging with standing pouches, and improve product banners.

Keywords - Innovation, Business, Product, MSME


Keywords


Innovation, Business, Product, MSME

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Interaktif dan Konstruktif, Edisi ke-3. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.

Anggraeni, Citra Dwi. 2019. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Melalui Inovasi Produk.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Hariyati, Novy Larashati Dyah Monika. 2021. “Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada UKM Tas Dan Koper Tanggulangin Sidoarjo.” Akuntansi UNESA 10.

Invony Dwi Aprilisanda Endang Sholihatin, Alfiandi Imam Mawardi, Ariescy, Reiga Ritomiea. 2021. “Inovasi Pemasaran Produk UMKM Dalam Meningkatkan DAYA Saing.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 6: 418–32.

Lestari Inda, Astuti Miguna, Ridwan Hariyanto. 2019. “Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) 4: 111–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.