Pemecahan Masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika

Dwi Erna Novianti

Abstract


Abstrak— Indonesi merupakan negara yang memiliki banyak ragam budaya dan keberagaman budaya tersebut bisa dipelajari dengan mengaitkan pada pelajaran yang lain, tidak terkecuali pelajaran matematika. Pengaitan pemahaman budaya dengan pembelajaran matematika secara konseptual disebut dengan etnomatematika. Melalui penerapan etnomatematika, peserta didik dapat lebih memahami matematika, sekaligus memahami budaya mereka, dan nantinya lebih mudah untuk menanamkan nilai-nilai budaya itu dalam keseharian. Penggunaan objek atau unsur budaya yang berkaitan dengan kehidupan keseharian siswa secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Pemecahan masalah dengan konsep etnomatemtika dapat dilakukan dengan memberikan soal atau permasalahan matematika yang berupa soal cerita. Guru dapat melakukan inovasi terhadap soal-soal yang akan dibuat dengan memasukkan unsur budaya yang ada atau yang bersesuaian. Selain itu, guru juga dapat membuat rubrik penilain berdasarkan beberapa hal atau indikator lain diluar indikator pemecahan masalah.

Kata kunciPemecahan masalah, Etnomatematika, soal cerita

 

 

Abstrak— Indonesia is a country that has a lot of cultural diversity and this cultural diversity can be learned by linking it to other subjects, including mathematics. The association of cultural understanding with mathematical learning is conceptually called ethnomathematics. Through the application of ethnomathematics, students can better understand mathematics, as well as understand their culture, and later it will be easier to instill these cultural values in everyday life. The use of objects or cultural elements related to student daily lives will indirectly affect students' ability to solve mathematical problems. Problem solving with ethnomathematical concepts can be done by giving math problems or problems in the form of story questions. Teachers can innovate on the questions to be made by incorporating existing or appropriate cultural elements. In addition, the teacher can also create an assessment rubric based on several things or other indicators outside of problem solving.

Keywordsproblem solving, ethnomathematics, story question


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Mukeriyanto, Mastur, Z., & Mulyono. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Berbasis Budaya Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 171–177.

Novianti, D. E. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 53. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1698

Novianti, D. E. (2019). How the Student’s Error in Solution of Mathematics Problems? JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 19. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i1.4163

Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Edutama, IKIP PGRI Bojonegoro, 8(2), 117–124.

Rosydiana, A.-. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Selviani, M. T., Rasiman, & Pramasdyahsari3, A. S. (2021). Profil Pemecahan Masalah Etnomatematika Pada Materi Geometri Bagi Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi. 3(2), 140–152.

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review ( SLR ): Metode , Manfaat , Dan Tantangan Learning Analytics Dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 13(1), 73–86.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.

Yulfitri, Haji, S., & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 76–85.

Zaenuri., Dwidayanti., A. S. (2018). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika (Issue July).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.