Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Office PowerPoint untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai pada Siswa SMA

Dwi Setiawan, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Esai adalah karya tulis yang menguraikan masalah dan bersumber dari sudut pandang penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis esai pada siswa SMA dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Office PowerPoint. Penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakan data sekunder yang relevan dengan topik pembahasan. Data diperoleh dari buku dan artikel jurnal nasional maupun internasional yang memuat hasil penelitian terdahulu berkaitan dengan topik pembahasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teori Mary W. George. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan tentang implementasi Microsoft Office PowerPoint dalam meningkatkan kemampuan menulis esai pada siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini memberikan sebuah kesimpulan bahwa Microsoft Office PowerPoint dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan menulis esai pada siswa Sekolah Menengah Atas. Microsoft Office PowerPoint dapat dimulai dengan membuka Microsoft Office PowerPoint, menekan menu new dan blank presentation, mendesain materi sesuai dengan materi yang akan dibahas, dan menyimpan dengan menekan menu save as.

Kata kunci—Microsoft Office PowerPoint, esai, siswa Sekolah Menengah Atas.

 

 

Abstract— Essay is a written work that describes a problem and comes from the author's point of view. The purpose of this study was to improve the ability to write essays in high school students by using the Microsoft Office PowerPoint application. This research uses library research by using secondary data that is relevant to the topic of discussion. The data is obtained from books and articles in national and international journals that contain the results of previous research related to the topic of discussion. The data collection technique used the theory of Mary W. George. The results of the research conducted explain the implementation of Microsoft Office PowerPoint in improving the ability to write essays in high school students. This study provides a conclusion that Microsoft Office PowerPoint can be used to improve essay writing skills in high school students. Microsoft Office PowerPoint can be started by opening Microsoft Office PowerPoint, pressing the new and blank presentation menus, designing the material according to the material to be discussed, and saving by pressing the save as menu.

Keywords— Microsoft Office PowerPoint, essay, high school students.


Full Text:

PDF

References


Adam, I. T., & Ayu, L. (2021). Peran media PowerPoint dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Pemalang Tahun 2019. Bashrah, 1(1), 33-46. Retrieved rom https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/bashrah/article/view/310.

Afrinda, P. D. (2014). The role of YouTube in popular essay writing. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 15(1), 92-100. Doi https://doi.org/10.24036/komposisi.v15i1.7328.

Ahdar, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint padu musik terhadap antusiasme siswa dalam pembelajaran ilmu sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 287-302. Doi https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.2.287-302.

Fajriyah, L. (2018). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kumpulan esai Istriku Seribu karya Emha Ainun Nadjib (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from https://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24711.

Farida, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa kelas VIII pada materi statistika (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). Retrieved from https://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10605.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. Doi https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan, Indonesia: Hidayatul Quran.

Jannah, A. N., Setiawan, B., & Saddhono, K. Bahasa Indonesia pada rubrik esai media online mojok dan penggunaannya dalam pembelajaran menulis artikel di Sekolah Menengah Atas. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 13-24. Retrieved from https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1694500&val=4087&title.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media Storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. Doi https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. Doi https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158-6167. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819.

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32. Doi https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.66.

Naibaho, A. T. (2013). Analisis pengendalian internal persediaan bahan baku terhadap efektifitas pengelolaan persediaan bahan baku. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 63-70. Doi https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1373.

Novitasari, H., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 179-190. Doi https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.179-190.2020.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam menulis teks berita. Bahasa dan Sastra, 3(4), 1-10. Retrieved from https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/bds/article/view/10528.

Sardila, V. (2015). Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: Sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117. Doi https://doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500.

Siahaan, L. H. (2016). Hubungan antara kemampuan berpikir logis dan pengetahuan tentang paragraf dengan keterampilan menulis esai bahasa Inggris. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 14(2), 87-94. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5614.

Siboro, N. N. (2020). Peningkatan hasil belajar PKN dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Patumbak. JS (Jurnal Sekolah), 4(2), 134-140. Doi https://doi.org/10.24114/js.v4i2.17969.

Syahidan, M., Herbowo, A., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan kualitas layanan berdasarkan analisis kebutuhan pelanggan pospay Kota Bandung menggunakan servqual, model kano, dan teknik triangulasi. JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri), 2(1), 60-64. Retrieved from https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/81.

Tindaon, J., & Muliani, E. (2021). Sosialisasi penggunaan media berbasis teknologi Microsoft PowerPoint dalam peningkatan pembelajaran bagi guru-guru di SD Negeri 054870 Tanjung Jati Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. Abdimas Mandiri Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 93-95. Retrieved from https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/view/42.

Ukaliyah, E. (2019). Penerapan teknik menulis induktif untuk meningkatkan keterampilan menulis esai. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 24-32. Doi https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2333.

Utomo, R. I., Ardianto, D. T., & Erandaru, E. (2014). Perancangan buku esai fotografi batik khas Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1-11. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1869.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265. Doi https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.