Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi pada anak SMP
Abstract
abstrak— Puisi ialah karya imajinatif berisi ungkapan hati penulis yang menggunakan lirik, irama, rima, dan ritme pada barisnya. Dalam hasil penelitian Erlista siswa masih kesulitan dalam menulis puisi karena rendahnya kemampuan berimajinasi, serta menemukan ide baru. Sehingga memerlukan inovasi media pembelajaran dalam mengajar puisi. youtube dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran menulis puisi pada anak SMP untuk menunjang kemahiran siswa membuat puisi dengan benar. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) yaitu proses penelitian menggunakan teknik pengumpulan data. Data yang digunakan diperoleh dari buku dan artikel ilmiah yang terpublikasikan pada jurnal nasional ataupun internasional. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang implementasi youtube dalam media pembelajaran, khususnya pada pembelajaran menulis puisi pada siswa smp. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kemahiran siswa dalam pembelajaran menulis puisi.
Kata kunci— Menulis puisi, Anak SMP, Media pembelajaran, Youtube.
Abstract— Poetry is an imaginative work containing the expression of the writer's heart using lyrics, rhythm, rhyme, and rhythm in the lines. In Erlista's research results, students still have difficulty in writing poetry because of their low ability to imagine, and find new ideas. So it requires an innovation of learning media in teaching poetry. YouTube can be used as a learning medium, especially in learning to write poetry for junior high school students to support students' skills in making poetry correctly. This research method uses library research, namely the research process using data collection techniques. The data used are obtained from books and scientific articles published in national or international journals. The results of this study explain the implementation of youtube in learning media, especially in learning to write poetry for junior high school students. This is expected to improve students' abilities and skills in learning to write poetry.
Keywords— Writing poetry, Junior High School student, Learning media, Youtube.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh, F., & Pambudi, I. R. (2021). Analisis sentimen pengguna youtube terhadap program vaksin covid-19. Csrid (computer science research and its development journal), 13(3), 141-148. Doi: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.13.3.2021.
Aprinawati, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa sekolah dasar negeri 55 pekanbaru. Jurnal basicedu, 1(1), 31-44. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.159.
Erlista, A. (2020). Peningkatan keterampilan Indonesia, menulis puisi menggunakan metode sugesti imajinasi dengan media video klip lagu. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra 7(1), 7-13. Doi: https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.23764.
Fadhal, S., & Nurhajati, L. (2012). Identifikasi identitas kaum muda di tengah media digital (studi aktivitas kaum muda indonesia di youtube). Jurnal al-azhar Indonesia seri pranata sosial, 1(3), 176-200. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SPS/article/view/60
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi pendidikan nasional, 2(1), 93-97. Doi: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.
Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal wawasan keislaman, 6(2), 69-78. Doi: https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403.
Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.
Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode course review horay. Metamorfosi: Jurnal bahasa sastra Indonesia dan pengajarannya, 11(1), 15-22. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/25.
Kurniati, L. (2020). Pemanfaatan youtube sebagai media sosial dalam pembelajaran mata kuliah menulis puisi. Prosiding samasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7210.
Lestari, A., Mudzanatun, M., & Damayani, A, T. (2017). Keefektifan media audio visual sebagai kreativitas guru sekolah dasar dalam menumbuhkan keterampilan menulis puisi siswa. Scholaria: Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 7(3), 214-225. Doi: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225.
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.310.
Mansir, F. (2018). Pendekatan psikologi dalam kajian pendidikan islam. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 61-73. Doi: https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2042.
Maulida, L. (2021). Pesan dakwah dalam vlog youtube gita savitri devi masjid liberal di berlin (analisis wacana teun a. van dijk) (doctoral dissertation, iain ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13849
Nangki, N. (2019). Hubungan antara penggunaan youtube dan prestasi belajar mahasiswa ilmu komunikasi fisip unhas (doctoral dissertation, universitas hasanuddin). http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/4836
Nanuru, R. F. (2017). YOUTUBE: Seni berwawasan teknologi modern. Doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/3vshc.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal ilmu-ilmu al-quran, hadist, syari'ah dan tarbiyah, 3(1), 171. https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf.
Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265). eprosiding.idbbali.ac.id.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Al of civic journ education, 2(3), 313-323. Doi: https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135
Sinabariba, R. B. (2017). Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/c672m.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30. Doi: https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.
Yuliandri, M. (2016). Hubungan motivasi belajar dalam keterampilan menulis puisi pada proses pembelajaran. Nusantara: Jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91.
Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018). Pengaruh iklan terhadap minat beli pengguna youtube dengan brand recognition sebagai variabel intervening. Esensi: jurnal bisnis dan manajemen, 8(1), 21-28. smartlib.umri.ac.id
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.