PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA PADA SOAL CERITA PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendesain instrument literasi matematis pada soal cerita persamaan linier dua variabel. Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan melalui identifikasi, pengumpulan informasi, desain instrumen. Instrument yang akan dikembangkan yaitu bentuk soal cerita materi persamaan linier dua variabel pada sekolah menengah pertama. Kemampuan literasi matematis meliputi kemampuan merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan berbagai konteks. Metode yang digunakan dalam pengembangan instrument ini melalui proses identifikasi dilakukan menyusun kisi-kisi soal-soal cerita yang berkaitan dengan system persamaan linier dua variabel yang disesuaikan dengan deskripsi indikator literasi matematis, kemudian menyusun soal cerita dan kunci jawaban, Tahap berikutkan desain instrumen dilakukan validasi isi oleh 2 validator ahli. Hasil penelitian diperoleh desain instrument literasi matematis yang valid secara isi. Desain Instrument ini selanjutkan akan dilakukan uji coba secara empiris untuk mendapatkan instrument yang valid dan reliabel.
Kata kunci: Pengembangan instrument, literasi matematis, system persamaan linier dua variabel.
.
Abstract
The aim of this research is to design a mathematical literacy instrument for two-variable linear equation story problems. This research method uses development procedures through identification, information collection, instrument design. The instrument that will be developed is in the form of story questions about two-variable linear equations in junior high schools. Mathematical literacy skills include the ability to formulate, apply and interpret various contexts. The method used in developing this instrument is through an identification process, constructing a grid of story questions related to a two-variable linear equation system that is adapted to the description of mathematical literacy indicators, then compiling story questions and answer keys. The next stage of instrument design is content validation. by 2 expert validators. The research results obtained a mathematical literacy instrument design that was content valid. This instrument design will then be tested empirically to obtain a valid and reliable instrument.
Keywords: Instrument development, mathematical literacy, system of linear equations in two variables
Full Text:
PDFReferences
Ayasa, Rilanni Naketi, Alfi Yunita, and Ratulani Juwita. 2023. “PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV.” Online) Journal of Educational and Language Research 3(5): 2023.
Buyung, Rika Wahyuni, and Mariam. 2022. “Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa
Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A.” Journal of Education Review and Reserch 5(1): 46–51.
Fauziah, Qoriatun, M Zainudin, and Fitri Nurdianingsih. 2022. “Pengembangan Instrumen
Pengukuran Literasi Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Kontekstual.” Journal of Technology Mathematics and Sosial Science 2(2): 20–26.
Kusumawardani, Dyah Retno, Wardono, and Kartono. 2018. Pentingnya Penalaran
Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Mashuri, Sufri, Risnanang Kurniawan, and Jahring Jahring. 2023. “Kemampuan Literasi
Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Quantity.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1): 179. doi:10.20527/edumat.v11i1.15417.
Masjaya, and Wardono. 2018. “Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Untuk
Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Meningatkan SDM.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1: 568–74.
Mila, Siti Nor Jamilatul Atuni, Yayan Eryk Setiawan Yayan, Surya Sari Faradiba Fara, S.V.
Sailaja Teeside, and Exton Mohamed Zoker. 2023. “The Process of Students’ Mathematical Literacy in Solving System of Two Variables Linear Equation Based on Level of Ability.” Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2): 333–44. doi:10.25217/numerical.v6i2.3859.
Muslimah, Hujjatul, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis
Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Analysis of Students ’ Mathematical Literacy Ability in Solving Mathematical Problems in the Form of Story Problems.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 8(1): 36–43.
Nuraeni, Evon Siti Mulyati, and Rippi Maya. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN
PEMAHAMAN MATEMATIS DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTs.” JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1: 975–82.
Nurhidayati, Putri, Nur Alim Noor, and Neng Nurwiatin. 2021. “Hubungan Penguasaan Literasi
Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Matematis.” : 172–79.
Nurjanah, Arifta, and Dimas Candra Saputra. 2023. “Mathematical Literacy Skills: A Survey
in Secondary Schools.” Jambura Journal of Mathematics Education 4(1): 35–49. doi:10.34312/jmathedu.v4i1.18776.
Prabawanto, Sufyani. 2019. “Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa.” Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 6(1): 1–40. doi:10.17509/jppd.v6i1.21521.
Putra, Nola, Wardono, and Supriyono. 2018. “Analisi Kemampuan Literasi Matematika Pada
Pembelajaran PBLPendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP.” In Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, , 18–32. doi:10.1515/9783110765519-004.
Rediani, Nyoman. 2020. “Instrumen Penilaian.” : 123–40.
Salim, and Rahmad Prajono. 2018. “Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari.” Indonesian DIgital Journal of Mathematics and Education 5(9): 594–602.
Sinaga, Samuel Juliardi, Tetty A. Tambunan, and Agusmanto J.B Hutauruk. 2022. “Identifikasi
Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(5): 2721–33.
Sulastri, Ega, and Deddy Sofyan. 2022. Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self
Regulated Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Syahdela, Afnita Agil, Junarti, and Fifi Zuhriah. 2023. “Pelevelan Kemampuan Literasi
Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Perbandingan.” In Seminar Nasional Pendidikan, , 94–101.
Utari, Dian Rizky, M. Yusuf Setia Wardana, and Aries Tika Damayani. 2019. “Analisis
Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(4): 545. doi:10.23887/jisd.v3i4.22311.
Zainudin, M, Ahmad K Amin, Wildona Zumam, Junarti Junarti, and Ima Isnaini T Rohmah.
“The Evaluation of Research-Based Learning on ‘Moodle’ Learning Management System Using CIPP Models.” Pegem journal of Education and Instruction 13(4): 149–57. doi:10.47750/pegegog.13.04.18.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.