SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belalar siswa. Metode penelitian dari penelitian ini adalah metode sistematik literature review atau SLR Dalam metode SLR, peneliti melakukan tinjauan dan identifikasi jurnal-jurnal dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diambil dari penelitian sebelumnya. Siswa yang mempunyai gaya belajar visual setara dengan penelitian terdahulu, dan yang membandingkannya dengan hasil penelitian terdahulu (Umrana et al., 2019) adalah siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial mampu memahami masalah dengan cara menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan. Siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik kurang mampu merencanakan masalah dengan mengetahui rumusnya terlebih dahulu dan kurang mampu memeriksa kembali hasil pemecahan masalah yang ada.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar
Abstract
This research aims to determine mathematical problem solving abilities in terms of students' learning styles. The research method of this research is the systematic literature review or SLR method. In the SLR method, researchers review and identify journals by following predetermined steps. The data used in this research is secondary data, namely data taken from previous research. Students who have a visual learning style are equivalent to previous research, and who compare them with the results of previous research (Umrana et al., 2019) are students who have an auditory learning style who are able to understand problems by writing down what they know and what they ask. Students who have a kinesthetic learning style are less able to plan problems by knowing the formula first and are less able to re-examine the results of existing problem solving..
Keywords: problem solving skill, learning style
Full Text:
PDFReferences
Al-Hamzah, I. N. F., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2246–2254. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.832
Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648
Nurjanah, A., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Prisma, 11(2), 406. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2420
Program, J., & Pendidikan, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bermuatan Higher-Order Thinking Skill ditinjau dari Gaya Belajar SiswA. Universitas Muhammadiyah Prof Dr . Hamka , Jakarta , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Berdasarkan kurikulum 2013 peran pendidikan di Indones. 10(3), 1564–1578.
Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.