IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA SILA KE-3 MEMPERKUAT PERSATUAN INDONESIA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK

Lois Kumala Saputra, Tirza Ananda Yulia Putri, Imam Wahyudi, Day Ramadhani Amir

Abstract


Abstrak
Pendidikan karakter, selaras dengan nilai Pancasila, Persatuan Indonesia, menawarkan solusi strategis untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap perbedaan di kalangan peserta didik. Penelitian ini mengkaji peran penting pendidikan karakter dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan memperkuat implementasi nilai-nilai Pancasila. Melalui kajian literatur yang mendalam dan analisis yang cermat, penelitian ini meneliti bagaimana pendidikan karakter mampu menanamkan rasa cinta tanah air, penghargaan terhadap perbedaan, dan menjunjung tinggi persatuan nasional pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila Persatuan Indonesia pada peserta didik, untuk mendeskripsikan dampak positif bagi peserta didik, serta mengidentifikasi tantangan dan solusi yang mungkin dihadapi dalam implementasinya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Persatuan Indonesia, Peserta Didik, nilai-nilai Pancasila

Abstract
Character education, in line with the values of Pancasila, Indonesian Unity, offers a strategic solution to foster a sense of love for the country and respect for differences among students. This research examines the important role of character education in realizing the nation's ideals and strengthening the implementation of Pancasila values. Through an in-depth literature review and careful analysis, this research examines how character education is able to instill a sense of love for the country, respect for differences, and uphold national unity in students. This research uses a literature study method with a descriptive approach. The purpose of this research is to determine the implementation of the values of the Pancasila Unity of Indonesia among students, to describe the positive impact on students, and to identify challenges and solutions that may be faced in its implementation.

Keywords: Character Education, Indonesian Unity, Students, Pancasila values

Full Text:

PDF

References


Alzana, A.W. & Harmawati, Y. 2021. Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Multicultural. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. 9: 1-7.

Aryani, E.D., Fadjirin, N., Azzahro, T.A. & Fitriono, R.A. 2022. Implementasi Nilai- Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Gema Keadilan. 6: 1-13.

Amir, D.R., Zahroh, F.S., Puspitaningsih, S. & Fawaid, M.I. 2023. Efektifitas Penggunaan Wodershare Filmora dalam Editing Video Pada Pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi. SEMINAR NASIONAL FPMIPA 2023. Bojonegoro: Oktober 2023. Hal: 307.

Diani, D.I., Anisa, P.S., Dewi, R.A., Imtinan, S.N., Wahyudin, D. & Caturiasari, J. 2022. Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya. Jurnal Ilmu PendidikanDasar Indonesia. 2(1): 1-8.

Dewi, D.A., & Luthfia, R.A. 2021. Kajian Deskriptif tentang Identitas Nasional untuk Integrasi Bangsa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 1(11): 1-7.

Hendrizal, H. 2020. Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila. 15(1): 1-21.

Isnaini, P.N., & Dewi, D.A. 2021. Upaya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Kewarganegaraan. 5(2).

Mahanun, M. 2021. Tinjauan Kepustakaan. Journal Of Education. 2: 1-12.

Najicha, F.U., & Sari, F.L. 2022. Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. 2(1): 1-7.

Rahmadani, E., & Al Hamdani, M.Z. 2023. Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) diSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 6: 1-11.

Rahma, M., Susanti, R., Melilinda. 2023. Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melaluipengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bingkai bhinnekatunggalika. Jurnal Multidisiplin Adijaya. 1-12.

Sari, Fitri, L., & Najicha, F.U. 2022. Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. 2(1).

Sari, M., & Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA. 6(1): 41–53.

Sitepu, S. 2021. Multikulturalisme Dan Pluralisme Dalam Pembelajaran Pkn (Pengamalan Sila Ketiga Dalam Pancasila). Journal Research and Education Studies. MUDABBIR. 1-10.

Widiyanti, R.A. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Dasar Pancasila Dalam Dan Pasca Covid 19 Demi Menyongsong Era Adaptasi Kebiasaan Baru (Akb). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. 7(2): 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.