MEMBANGUN PENDIDIKAN MORAL BERBASIS PANCASILA SILA KE - 2

Moch Bil Barokah Ilmi, Anida Cahya Afrinta, M Ferdian Ramadhani, Day Ramadhani Amir

Abstract


Abstrak
Moral selalu mengacu pada hal yang baik dan buruk manusia. Norma moral digunakan sebagai ukuran tingkat kebaikan manusia. Baik Pendidik, Orang yang memiliki gelar, serta semua anggota masyarakat baiknya berkomitmen untuk menyebarkan nilai moral. Pendidikan moral harus dijalankan berlangsung cukup lama. Strategi pengembangan moral siswa harus dilakukan secara kompak oleh wali murid atau pendidik untuk mewujudkan pendidikan yang bermoral. Penelitian ini dilakukan seiring dengan adanya perkembangan kerusakan moral yang terjadi di masyarakat, termasuk di kalangan pelajar Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan, perlu adanya upaya untuk memperbaiki kerusakan moral ini. Kajian penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Studi literatur adalah kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan mencari daftar Pustaka yang sebanyak-banyaknya. Hasil dari penelitian ini adalah penulis menemukan upaya yang efektif dalam mentransfer nilai nilai sila ke-2 serta mengulas peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan moral berbasis Pancasila sila ke-2.

Kata Kunci: Moral, Pendidikan, Pancasila

Abstract
Morals always refer to human good and bad. Moral norms are used as a measure of the degree of human goodness. Educators, people with titles, and all members of society should be committed to spreading moral values. Moral education should be carried out for a long time. Student moral development strategies must be carried out compactly by guardians or educators to realize moral education. This research was conducted in line with the development of moral damage that occurs in society, including among students. This of course should not be allowed, there needs to be an effort to repair this moral damage. This research study uses a qualitative method or descriptive approach. This research uses a literature study research method. Literature study is an activity related to searching for as much literature as possible. The result of this study is that the author found an effective effort in transferring the value of the 2nd precept and reviewed the role of teachers in implementing moral education based on the 2nd precept of Pancasila.
Keywords: Moral, Education, Pancasila

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. 2021. Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2(1).

Ainun, S. I., dkk. 2021. Peran Nilai Pancasila sebagai landasan Pendidkan Moral Bagi Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3).

Amelia, L., & Dewi, D. A. 2021. Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Moral Bagi Anak Bangsa Implementation Of Pancasila Value As Moral Education For Nation Children. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI). 1(5): 193–197.

Amir, D. R., Zahroh, F. S., Puspitanigsih, S., & Fawaid, M. I. 2023. Efektifitas Penggunaan Wodershare Filmora dalam Editing Video Pada Pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA, Bojonegoro: Oktober 2023. Hal: 306-313.

Athiyah, U., Handayani, A. P., Aldean, M. Y., Putra, N. P., & Ramadhani, R. 2021. Sistem Inferensi Fuzzy: Pengertian, Penerapan, dan Manfaatnya. Journal of Dinda: Data Science, Information Technology, and Data Analytics. 1(2): 73-76.

Aulia, N., Ramadhani, K. N., Sinaga, R. S., & Yunita, S. 2023. Implementasi Pendidikan Moral Pancasila Kepada Siswa Sebagai Nilai Budi Pekerti Di Mts. Ulumul Qur’an Medan. Inspiratif Pendidikan. 12(1): 109-119.

Azima, N. S., & Dewi, D. A. 2022. Pancasila sebagai Doktrin Positif Jiwa Anak Bangsa yang Akan Melahirkan Golden Generation. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2): 10147-10153.

Azlina, N., dkk. 2021. Implementasi Nilai – Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology. 2(2).

Budiman, I. F. 2024. Peran Pancasila sebagai Ideologi Negara dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(3): 47-54.

Calista, R., & Mayar, F. 2021. Pendidikan Moral Anak Usia Dini yang Bernilaikan Pancasila: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3): 9907-9911.

Dewi, A. C., Jonas, A. P. A., Mandaka, M. K., Nursia, N., Muhammad, S., & Rahman, U. 2023. Analisis Implementasi Pendidikan Moral Pancasila Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. Journal on Education. 6(1): 9768-9776.

Fadilla, D. D., Yasmin, E. A., Inar, I., Amaniah, I. N., Nursaadah, S., & Nugraha, R. G. 2022. Peran Guru SD Dalam Membangun Etika Peserta Didik Di Sekolah Dasar Berdasarkan Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan. 6(1): 2043-2054.

Juniarti, dkk. 2021. Implementasi Nilai-Nilai yang terdapat pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3): 7273-7277.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches. 4(1): 25-37.

Kartini, D., & Dewi, D. A. 2021. Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. 3(1): 113-118.

Murjani, M., & Nurjaman, U. 2022. Moral education based on religion, philosophy, psychology and sociology. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. 16(1): 142–162.

Putra, P. 2019. Implementasi Sikap Disiplin Anak Di Lembaga Madrasah ibtidaiyah (MI) Dalam Membentuk Pengembangan Moral. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar.

Purnaningtias, F., dkk. 2020. Analisis peran pendidikan moral untuk mengurangi aksi bully di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. 4(1): 42-49.

Puspitaningsih, S., Amin, A. K., & Irhadtanto, B. 2023. Implementasi Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Mobile. Prosiding FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Bojonegoro: Oktober 2023.

Ramadhanie, M. A. F. 2022. Pengamalan Nilai-Nilai Sila Kedua Pancasila Terhadap Lingkungan Sekolah. Preprints, Kediri: 17 Oktober 2022. Hal: 1-6.

Ruslan, R. 2020. Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK. Abdimas: Papua Journal of Community Service. 2(1): 11-17.

Salsabila, O. dkk. 2024. Pendidikan kewarganegaraan pada generasi alpha sebagai upaya membangun kesadaran kewarganegaraan yang berkualitas. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial. 2(3): 210-220.

Sastra, F. G. 2024. Sila Kedua Pancasila dan Relevansinya dengan Pendidikan Remaja. Doctoral dissertation, IFTK Ledalero.

Sukatin, S., & Saputra, M. Z. 2023. Teknologi Dan Moral Seorang Pelajar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(7): 757-764.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. 2023. Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora. 1(1): 13-23.

Zogara, J. L., dkk. 2022. Meningkatkan Karakter Baik Generasi Muda Penerus Bangsa Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z Pada Era Society 5.0. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), Denpasar: 25 Juli 2022. Hal: 271-279.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.