STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Arika Fajar Rahmawati

Abstract


Abstrak
Siswa memerlukan motivasi untuk belajar matematika agar mencapai hasil belajar yang optimal. Namun, sering mengalami kesulitan, terutama dalam mata pelajaran yang sulit seperti matematika. Artikel ini membahas cara melalui media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika. Media ini memiliki peranan untuk meningkatkan keterlibatan dan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika. Guru harus memilih media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa saat menerapkan strategi pembelajaran ini. Media interaktif seperti permainan matematika online, simulasi, dan aplikasi telepon dapat menarik minat siswa. Selain itu, penggunaan teknologi memungkinkan penyajian materi yang berbeda untuk berbagai jenis siswa. Selain memilih media yang tepat, pembelajaran matematika juga membutuhkan peran aktif guru dalam membuat pengalaman belajar menarik. Diharapkan bahwa prestasi belajar siswa akan meningkat pembentukan pola pikir yang positif tentang matematika. Selain itu dapat menjadi panduan praktis bagi guru untuk membuat strategi pembelajaran yang memanfaatkan media interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran, motivasi belajar, media pembelajaran interaktif

Abstract
Students need motivation to learn mathematics in order to achieve optimal learning outcomes. However, they often experience difficulties, especially in difficult subjects such as mathematics. This article discusses how interactive learning media can increase students' motivation to learn mathematics. This media has a role in increasing student involvement and interest in the mathematics learning process. Teachers must choose interactive learning media that suits students' needs and characteristics when implementing this learning strategy. Interactive media such as online math games, simulations, and phone applications can attract students' interest. Additionally, the use of technology allows for different presentations of material for different types of students. Apart from choosing the right media, learning mathematics also requires the teacher's active role in making the learning experience interesting. It is hoped that student learning achievement will increase, forming a positive mindset about mathematics. Apart from that, it can be a practical guide for teachers to create learning strategies that utilize interactive media to increase student learning motivation.

Keywords: Learning strategy, learning motivation, interactive learning media

Full Text:

PDF

References


Agustini, K., & Ngarti, J. G. 2020. Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran. 4(1): 63.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. 2022. Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5.

Clark, R. E. 1994. Media tidak akan pernah mempengaruhi pembelajaran. Penelitian Teknologi Pendidikan dan Pengembangan. 42(2): 21-29.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. 1985. Motivasi intrinsik dan penentuan nasib sendiri pada manusia perilaku. New York, NY: Sidang Pleno.

Deci, EL, & Ryan, RM 2019. Motivasi Intrinsik dan Penentuan Nasib Sendiri dalam Belajar. Review Psikologi Pendidikan. 31(1): 20-35.

Fakhriyana, D., & Riayah, S. 2021. Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus). 4(1): 1.

Hariadi, L., & Gondohanindijo, J. 2021. Model Koping Untuk Mengatasi Stres Belajar Matematika Melalui Aplikasi Berbasis Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, Pekalongan: 28 Juli 2021. Hal: 31-46.

Irawan, E., & Suryo, T. 2017. Implikasi multimedia interaktif berbasis flash terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika. 10(1): 44.

Johnson, DW, Johnson, RT, & Smith, KA 1998. Pembelajaran Kooperatif Kembali ke Perguruan Tinggi: Apa Buktinya bahwa Pembelajaran Kooperatif Berhasil?. Perubahan: Majalah Pendidikan Tinggi. 30(4): 26-35.

Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A., Usman, K., & Kaluku, A. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi. 9(2): 1.

Markham, T. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek: Sebuah Jembatan yang Cukup Jauh. Kepemimpinan Pendidikan. 68(1): 34-37.

Nugroho, A. 2019. Media Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 7(1): 45-58.

Putri, R. A., & Wijaya, T. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 5(2): 65-77.

Rahman, F. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus di SMA Kota Bandung. Jurnal Teknologi Pendidikan. 11(3): 85-92.

Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(9): 1.

Sari, M. 2019. Tantangan dan Solusi dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan. 3(4): 100-110.

Vallerand, R. J., Pelletier, L.G., & Howard, A. H. 2019. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Review Tahunan Psikologi. 70: 91-116.

Wang, C.C., & Peng, C.J. 2008. Menggunakan avatar untuk meningkatkan pembelajaran siswa kelas enam prestasi dan motivasi dalam mata kuliah matematika. Komputer & Pendidikan. 51(4): 1504-1511.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. 2018. Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1).

Wulandari, S. 2020. Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS). 1(2): 47.

Zimmerman, B.J. 2000. Mencapai pengaturan diri: Perspektif kognitif sosial. Dalam M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Buku pegangan pengaturan diri. San Diego, CA: Pers Akademik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.