MEMETAKAN PERGESERAN PERILAKU SISWA DI ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENDIDIKAN MODERN
Abstract
Penelitian ini membahas pergeseran perilaku siswa di era digital dan tantangan serta peluang yang timbul dalam pendidikan modern. Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek masyarakat, termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan hiburan. Dampak negatif era digital meliputi risiko keamanan dan privasi yang meningkat, serta kompleksitas sosial yang juga berkembang. Namun, teknologi digital juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan siswa secara holistik dengan mempromosikan gaya hidup yang seimbang dan menyediakan alat dan dukungan yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), peneliti mengumpulkan beberapa bahan referensi dan menganalisa berbagai penelitian yang berkaitan dengan pergeseran perilaku siswa di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital sangat penting dalam mempengaruhi perilaku penggunaan internet di kalangan remaja. Dalam sintesis, penelitian ini menekankan pentingnya memahami dan mengatasi pergeseran perilaku siswa di era digital untuk meningkatkan kesejahteraan siswa secara holistik.
Kata Kunci : pergeseran perilaku, siswa, era digital, pendidikan modern
Abstract
This study discusses student behavior shifts in the digital age and the challenges and opportunities emerging in modern education. The digital age has brought significant changes in various aspects of society, including education, health care, and entertainment. The negative impact of the digital age includes rising security and privacy risks, as well as increasing social complexity. However, digital technology can also help improve student well-being holistically by promoting a balanced lifestyle and providing the necessary tools and support. The study uses the method of Systematic Literature Review (SLR), the researchers gathered a number of reference materials and analyzed various studies related to student behavior shifts in the digital age. Research findings show that digital literacy is crucial in influencing internet usage behavior among adolescents. In synthesis, the study emphasizes the importance of understanding and addressing student behavioral shifts in the digital age to improve student well-being holistically.
Keywords: behavioral shifts, students, the digital age, modern education
Full Text:
PDFReferences
Dakhi, O., Irfan, D., Jama, J., Ambiyar, A., Simatupang, W., Sukardi, S. & Zagoto, M. M. 2022. Blended learning and its implications for learning outcomes computer and basic networks for vocational high school students in the era of COVID-19 pandemic. International Journal of Health Sciences. 6: 11177–11186.
Danuari, M. 2019. Development and Transformation of Digital Technology. Infokam. 15(2): 116-123.
Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A. & Prasetya, K. H. 2022. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT). 5(2): 439–449.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M. & Genika, P. R. 2021. Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu. 5(6): 5249–5257.
Guchi, M. 2021. Peran pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Abad 21. SOLIDARITY: Journal of Social Studies. 1(2): 73–84.
Habsy, B. A. 2022. Panorama Teori-Teori Konseling Modern Dan Post Modern: Refleksi Keindahan dalam Konseling. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Hastini, L. Y., Fahmi, R. & Lukito, H. 2020. Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). 10(1): 12-28.
Junaedi, D. 2021. Pergeseran perilaku peserta didik di era globalisasi. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 03(1): 53–63.
Kustiawan, W., Hasibuan, A. A., Lubis, N., Fayrozi, M. F., & Maisarah, M. 2023. Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Infrastruktur Nasional di Era Digital. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik. 5(2).
Ngono, V. L. & Hidayat, W. T. 2019. Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan. 628–638.
Nurmaya, G. A. L., Irsan, I., Sufinuran, S. & Fauziah, R. 2022. Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(1): 943–953.
Prihatini, M. & Muhid, A. 2021. Literasi Digital terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi. 6(1): 23–40.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. 2019. Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana. 4(2): 98-103.
Rahmatullah, R. & Said, A. 2019. Implementasi pendidikan karakter islam di era milenial pada pondok pesantren mahasiswa. journal TA'LIMUNA. 8(2): 37-52.
Santi, R. J., Setiawan, D. & Pratiwi, I. A. 2021. Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. 5(3): 385.
Sasvitaningsih, D. A., Putri, F. D. & Yunita, B. P. 2023. Pendidikan Karakter Di Era Digital. Journal of Education on Social Issues. 2(3): 314–324.
Septian, G., Rachmanda, B. & Jaya, D. 2023. Perubahan Perilaku Remaja Akibat Determinasi Teknologi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial (SNIIS). Surabaya, 2 November 2023.
Syafi'i, M. I. 2023. Analisis Konseptual Dasar Ilmu Pendidikan dalam Teori Pembelajaran Modern. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA). 1(3): 117-122.
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. 2024. Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA). 3(2): 27–30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.