PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Cahya Ayu Sekar Wangi, Sujiran Sujiran, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstrak
Permasalahan penelitian ini adalah peserta didik kesulitan dalam mengidentifikasi masalah secara akurat, memberikan alasan yang memadai atas tanggapan mereka serta penjelasan yang selaras dengan pernyataan yang diberikan, dimana peserta didik menghadapi kesulitan tersebut dalam melakukan ujian secara menyeluruh dan memastikan perhitungan yang akurat, masih banyak peserta didik yang kurang antusias dalam proses belajar matematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi dan lemahnya kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respon siswa dalam belajar menggunakan model pembelajaran CPS serta mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS dengan pengaruh model pembelajaran CPS. Jenis Penelitian kuantitatif dapat mencapai tujuan dengan menggunakan metode jenis eksperimen kuasi atau quasi eksperimen. Hasil perhitungan post-test menunjukkan bahwa varians homogen (σ_1^2=σ_2^2). Dengan taraf signifikan yang telah ditetapkan yaitu α =5%. Hasil kemampuan berpikir kritis yang berbeda dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional kemampuan berpikir kritis menyelesaikan soal high order thinking skill (HOTS) pada materi statistika kelas X pemasaran semester genap di SMK Negeri 1 Cepu tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 76,97 sedangkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yakni 85,10.

Kata Kunci: ative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Kritis.

Abstract
The problem of this research is that students have difficulty in identifying problems accurately, providing adequate reasons for their responses and explanations that are in line with the statements given, where students face these difficulties in carrying out tests thoroughly and ensuring accurate calculations, there are still many students who are less enthusiastic in the mathematics learning process which is oriented towards higher level thinking abilities and weak critical thinking abilities. The aim of this research is to determine students' responses in learning using the CPS learning model and to find out how much students' critical thinking abilities are in solving HOTS questions with the influence of the CPS learning model. This type of quantitative research can achieve objectives by using quasi-experimental or quasi-experimental methods. The post-test calculation results show that the variance is homogeneous (σ_1^2=σ_2^2). With a predetermined significance level, namely α = 5%. The results of critical thinking skills are different from students who study using conventional learning models. Critical thinking skills solve high order thinking skills (HOTS) questions in class X marketing statistics material for the even semester at SMK Negeri 1 Cepu for the 2023/2024 school year. This is proven by the average score of the control group, which is 76.97, while the average score of the experimental group is 85.10.

Keywords: Numeracy Literacy Skills, Collaborative Learning Model, Independent Curriculum

Full Text:

PDF

References


Arlingga, Fitria, I., Yuhana, Y., Asih, I. & Yandari, V. 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 11(2): 464–74.

H. Abdul, dkk. 2024. No Title. Jurnal Dedikasi Pendidikan. 8(1):1–504.

Habibi, H. & Suparman, S. 2020. Literasi Matematika Dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JPKM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). 6(1):57.

Handayani, I. et al. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik. Journal of Classroom Action Research. 5(2000): 15–20.

Jariyah, Ainun, Wahyudianto, D. & Riyandari, B. A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 2 Langgudu. SPIN-Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia. 4(2):110–20.

Maharani, Nabilla, Hadiyan, A. & Tri Murdiyanto, T. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3(1):48–57.

Maria, Sonta. 2018. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):36–48.

Masitoh, Fitriana, L. & Aedi, W. G. 2020. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2):886–97.

Eliana, N. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ipa Berorientasi Hots. Jurnal Pendidikan Dasar 11(02):170–80.

Pebrina, Lina, Jeffy Raturandang, and Anita Tengker. 2020. Application of The Jigsaw Type of Cooperative Learning Model as an Effort to Improve Student Learning Outcomes in the Material of Excretion Systems in Tondano 2 Public High School. Jurnal Sains Pendidikan Biologi. 2(3):263–69.

Pebrina, L., Raturandang, J. & Tengker, A. 2020. Jspb Bio Edusains. Jurnal Sains Pendidikan Biologi. 2(3):263–69.

Putri, Mustika, S., Arsih, F., Fadilah, M. & Anggriyani, R. 2023. Validitas Instrumen Soal Tes Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Komponen Ekosistem Dan Interaksinya. Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):24253–61.

Rahayu, Restu, Iskandar, S. & Abidin, Y. 2022. Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu. 6(2):2099–2104.

Sulaeman, Gustiana, M., Justiniani, N. & Monariska, E.. 2021. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1):66.

Fardani, T. S., dkk. 2023. Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kasreman. Jendela Matematika. 1(2):63–68.

Delfiza, V., Milanda, Fuadiyah, D. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Para Peserta Didik. Ruang-Ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi. 3(2):2023.

Wahyuni, R., Maryam, M. & Sartika, D. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). 3(1):26.

Wahyunita, I. & Subroto, W. T. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3):1010–21.

Wansaubun, W. A. 2020. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Arfak Chem: Chemistry Education Journal. 3(2):220–26.

Zalukhu, D. S., Harefa, A. O. & Mendrofa, N. K. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Educativo: Jurnal Pendidikan 1(2): 404–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.