PEMANFAATAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Intan Puspita Devi

Abstract


Abstrak
Pemahaman konsep merupakan ketrampilan dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam memahami persoalan matematika. Akan tetapi masih banyak ditemui peserta didik yang memiliki pemahaman konsep rendah. Hal ini dapat mengakibatkan peserta didik seringkali menemui kesulitan pada proses belajarnya. Pemahaman konsep matematika dapat ditingkatkan dengan cara memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya aplikasi Geogebra. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan aplikasi Geogebra dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR), dengan mengumpulkan serta mengkaji jurnal yang terdapat di google scholar. Peneliti memilih 10 jurnal yang relevan dan diterbitkan dalam kurun waktu 5 tahun untuk dianalisis dalam penelitian ini. Hasil dari pengkajian jurnal tersebut adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi transformasi geometri, aljabar, matriks, dan materi fungsi. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti geogebra dapat diterapkan para pendidik untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Geogebra, pemahaman konsep, pembelajaran matematika



Abstract
Understanding concepts is a basic skill needed by students to understand mathematical problems. However, there are still many students who have low conceptual understanding. This can result in students often encountering difficulties in the learning process. Understanding of mathematical concepts can be improved by utilizing technology-based learning media, one of which is the Geogebra application. The aim of this research is to determine the effectiveness of using the Geogebra application in improving students' understanding of concepts in mathematics learning. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method, by collecting and reviewing journals found on Google Scholar. Researchers chose 10 relevant journals published within a 5 year period to be analyzed in this research. The results of the journal study were that there was an increase in students' understanding of concepts in geometric transformation, algebra, matrices and function material. So it is concluded that the use of technology-based learning media such as Geogebra can be applied by educators to help improve students' understanding in learning mathematics.

Keywords: Geogebra, concept understanding, mathematics learning

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. R., & Suaedi, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. 4(1): 43-55.

Afhami, A. H. 2022. Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 449-460.

Arbain, A., & Halidin, H. 2024. Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis GeoGebra dalam Kelas Virtual terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1): 11-21.

Artika, R. V., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. 2019. Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(4): 471-478.

Ati, T.P. & Setiawan, Y. 2020. Efektivitas Problem Based Learning-problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalalm Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V: Jurnal Cendekia: Jurnal pendidikan matematika.

Devi, I. P., Irnawati, L., Pantin, L. D. S. P., Amelya, N., & Mufidatin, S. (2023, October). Media ULTRASI (Ular Tangga Numerasi) Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, No. 1, pp. 495-503).

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. 2020. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 4(1): 24-32.

Fatmawati, R., & Yahfizham, Y. 2024. Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Mathematics and Science Education. 1(2): 01-11.

Fathurrahman, F. & Fitrah, M. 2023. Software Geogebra pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 4(1): 33-40.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika.

Hakim, L., Markhamah, M., & Sutama, S. 2022. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra. AS-SABIQUN. 4(3): 564-574.

Junedi, B., Budi Waluya, S., & Wardono. 2024. The Programme for International Student Assessment: Tinjauan Literasi Matematika dan Implementasi Pada Pembelajaran Matematika di Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 7: 834–840.

Millati, D. Y. I., & Prihaswati, M. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi Sptldv Berbantu Aplikasi Geogebra. EDUSAINTEK. 4.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. 2019. Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6(1): 87-98.

Nurjanah, I. & Alyani, F. 2021. Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada PembelajaranMatematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen.

Pin, N. A., & Rosli, R. 2023. Systematic Literature Review: The Use of GeoGebra Software in Geometry Learning: Sorotan Literatur Bersistematik: Penggunaan Perisian GeoGebra. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia.

Purba, M. C., & Harahap, N. A. 2021. Kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan aplikasi Geogebra di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 2115-2122.

Radiusman, R. 2020. Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. 6(1): 1-8.

Safitri, S., Ginting, H. P. B., & Sitepu, D. R. 2024. Penggunaan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Geometri Transformasi Di Stkip Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Matematika. 16(1).

Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal of Social Science Research. 3(3): 8547-8557.

Sarah, C. R., Sugiman, S., & Munahefi, D. N. 2024, February. Pembelajaran Matematika dalam Mengintegrasikan Nilai Karakter di Era Kurikulum Merdeka Technology Society 5.0. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. pp. 16-23.

Sembiring, V. M., & Sutirna, S. 2024. Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X dalam Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Trigonometri. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1): 143-149.

Simbolon, A. K. 2020. Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 1106-1114.

Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. 2023. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik. 6(1): 1-9.

Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. 2022. Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara. 2(1): 25-36.

Sutopo, N. A., & Ratu, N. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1): 10-23.

Radiusman, R. 2020. Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. 6(1): 1-8.

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. 2019. Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Yulianah, L., Ni'mah, K., & Rahayu, D. V. 2020. Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbantuan media schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 7(1): 39-45.

Yulianti, N. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.