ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BERBAGAI TINGKAT KREATIVITAS SISWA

Arinal Hidayah, Puput Suriyah, Boedy Irhadtanto

Abstract


Abstrak

Artikel ini membahas analisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang fokus pada penggunaan metode Student Learning Responsibility (SLR) dan dampaknya terhadap kreativitas siswa. Kami menyelidiki hubungan antara penerapan metode SLR dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan metode SLR, sambil memperhatikan ekspresi kreativitas mereka dalam proses pembelajaran. Implikasi pedagogis dari temuan ini dibahas untuk memperkaya praktik pembelajaran matematika di lingkungan pendidikan.Temuan menunjukkan bahwa penerapan metode SLR secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, sementara juga memberikan dorongan pada ekspresi kreativitas mereka dalam menyelesaikan masalah.
Kata kunci: Pendidikan, pemecahan masalah, kreativitas

Abstract
This article discusses the analysis of students' abilities in solving problems which focuses on the use of the Student Learning Responsibility (SLR) method and its impact on student creativity. We investigated the relationship between the application of the SLR method and students' ability to solve mathematical problems. The research results show a significant increase in the problem solving abilities of students who use the SLR method, while paying attention to the expression of their creativity in the learning process. The pedagogical implications of these findings are discussed for enriching mathematics learning practices in educational environments. The findings show that the application of the SLR method significantly improves students' problem solving abilities, while also providing

Keywords: education, problem solving, creativity

Full Text:

PDF

References


Perdani, H. N., & Azka, R. 2019. Teknologi dan Pembelajaran Matematika Generasi Milenial. Prosiding Sendika. 5(1): 508–514.

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. 2021. Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication. 1(3): 189–197.

Ekafitri, R. 2023. Rita Ekafitri Bidang studi Matematika, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Agam. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1): 9–21.

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. 2023. Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. TSAQOFAH:Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 3(1): 23–38.

Hasriadi. 2022. Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi Pendahuluan. Jurnal Sinestesia. 12(1): 136–151.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. 2020. Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif. 11(1): 110-117.

Kalalo, Debie K. R.Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. 2022. Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia. JOTE (JOURNAL ON TEACHER EDUCATION): Research & Learning in Faculty of Education. 4(2): 41–47.

Sambada D. 2012. Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Konstektual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). 2(2).

Mursidk E,M, Samsiyah N, Rudiyanto H. E, 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal LPPM. 2(1).

Windasari A.D, Cholily Y.M, 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Memecahankan Masalah Dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.