PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI POLA BARISAN ARITMETIKA BERBASIS SENI KARAWITAN GENDHING SRI HUNING TUBAN

Eltasari Pramesti, Puput Suriyah

Abstract


Abstrak

          Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research And Development) menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis seni karawitan Tuban yang berkualitas ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan Tuban. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Wawancara; 2) Validasi ahli; 3) Angket respon; dan 4) Instrumen tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) tahap pengembangan LKPD terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran; 2) Kualitas LKPD ditinjau dari tingkat kevalidan sebesar 91% kategori sangat valid, tingkat kepraktisan sebesar 82% kategori sangat praktis dan tingkat keefektifan sebesar 74% kategori efektif. Kesimpulan yaitu LKPD berbasis seni karawitan Gendhing Sri Huning Tuban yang dikembangkan dengan model 4D layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan inovasi pembelajaran.

 

Kata Kunci: LKPD, Pola Barisan Aritmetika, Seni Karawitan, Gendhing Sri Huning Tuban

 

Abstract

This research is a research and development using a 4D (four-D) development model consisting of the Define, Design, Development, and Disseminate stages. This research aims to develop a quality LKPD based on the Tuban karawitan art reviewed from the level of validity, practicality, and effectiveness. The research subjects consisted of 26 students of MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan Tuban. The research instruments used in this study are: 1) Interview; 2) Expert validation; 3) Response questionnaire; and 4) Test instruments. The results of the research obtained are 1) the LKPD development stage consists of the definition, design, development, and dissemination stages; 2) The quality of LKPD is reviewed from the validity level of 91% of the very valid category, the level of practicality of 82% of the very practical category and the effectiveness level of 74% of the effective category. The conclusion is that the LKPD based on the art of Gendhing Sri Huning Tuban which was developed with a 4D model is suitable for use as one of the teaching materials that can help students understand the material and improve learning innovation.

 

Keyword: LKPD, Arithmetic Sequence Patterns, Karawitan Art, Gendhing Sri Huning Tuban


Full Text:

PDF

References


Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.

Astuti, Zulfah, & Rian, D. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3).

Burgawanti, Kartono, Ghasya, D. A. V., Kresnadi, H., & Suparjan. 2023. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Liveworksheet pada Pembelajaran Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 01 Jagoi Babang. Journal on Education. 5(4).

Devy, H. C., Puspitawati.R. P. & Yakup, P. 2020. Validitas Dan Efektivitas Lkpd Pendekatan Toulmin's Argument Pattern Untuk Melatih Keterampilan Argumentasi. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(1).

Fajarianty, M. M., Pramudita, A. F., & Ningrum, M. P. 2022. Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Kendang dalam Kesenian Gamelan Jawa dengan Mengaitkan Konsep Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK), Semarang 22 Desember 2022: 245-265.

Fauziah, H., & Purrohman, P. S. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD Islam Kemuliaan. Jurnal Ilmiah Indonesia. 7(7): 10.

Mulyani, M., & Jamilus, J. 2021. Pengembangan Pendidik sebagai Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4): 1170–1176.

Novianti, D. E., Waluya, S. B. & Rachmani, D. N. 2022. Local Wisdom As An Ethnomathematics Learning Approach (A Study on Regency Local Wisdom). ISET: International Conference on Science, Education and Technology, Semarang 22 Desember 2022: 142-148.

Novita, K., Bare. Y., & S. 2022. Pengembangan Lkpd Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Model Problem Based Learning Kelas X SMA. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2).

Osada, S. S. 2018. Etnomatematika Dalam Titi Laras Dan Irama Pada Karawitan Jawa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.Yogyakarta 9 Desember 2017: 475-481.

Priswanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6).

Purwaningsih, I., Wharyati., Saputra, F., & Agil. 2021. Etnomatematika Pada Alat Musik Gamelan Jawa. Math Educa : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 5(2): 135-142.

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. 2019. Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. JPM. 4(2).

Rahmadhani, S. E., Sabara, I. M., & Marhayati, M. 2024. Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Batik Kawung Pada Materi Unsur-Unsur Lingkaran. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 13(1): 116.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suci N.M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2).

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran VaribelVariabel Penelitian. Alfabet.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif Edukatif. 3(1): 71.

Rohimah, U. S., & Rahmawati, I. 2024. Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Pada Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD : Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.12(3).

Rudyanto, H. E., Kartikasari Hs, A. & Pratiwi, D. 2019. Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). 3(2).

Septian, R., Irianto, S. & Andriani, A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 5(1): 59–67.

Susnariah, U. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 6(1): 162–170.

Ventura, B. 2017. Strategi Implementasi Nilai Kejujuran, Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal UNTAN.

Wulandari, V. P. N. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas 2 SDN Panjer. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran 3, Kediri 3 Februari 2023: 432-442.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.