ANALISIS STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA

Dwi Nur Aini, Puput Suriyah, Boedy Irhadtanto

Abstract


Abstrak

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang tidak terlepas dari penyelesaian masalah. Dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa perlu menggunakan strategi yang tepat agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan jenis strategi penyelesaian masalah yang digunakan siswa kelas X RPL dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek berupa 32 siswa kelas X RPL di SMK Negeri Ngasem. Kemudian dipilih 6 siswa sebagai sampel dengan setiap kategori kelompok KAM terdapat 2 sampel. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siswa dengan kategori KAM tinggi menggunakan strategi menentukan pola, sedangkan siswa dengan kategori KAM sedang menggunakan strategi coba-coba dan menentukan pola serta siswa dengan kategori KAM rendah menggunakan jenis strategi mengubah sudut pandang.

 

Kata Kunci: strategi, kemampuan awal matematika, teori Polya.

 

Abstract

Mathematics is a science that cannot be separated from solving problems. In solving mathematical problems, students need to use the right strategy in order to achieve the desired goals. This research was conducted with the aim of uncovering and describing the types of problem solving strategies used by class X RPL students in solving mathematical problems. This research is a qualitative descriptive study with the subjects being 32 class X RPL students at Ngasem State Vocational School. Then 6 students were selected as samples with each KAM group category having 2 sample. The results of this research are that students in the high KAM category use a strategy of determining patterns, while students in the moderate KAM category use a strategy of trial and error and determining patterns and students in the low KAM category use a strategy of changing points of view.

 

Keywords: strategy, initial mathematical abilities, Polya theory

Full Text:

PDF

References


Alhadad, I., Hamid, H., Tonra, W. S. & Siddik, R. 2020. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 9(2): 223–236.

Gusteti, M. U. & Neviyarni. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika. 3(3): 636–646.

Lahinda, Y., & Jailani, J. 2015. Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(1): 148–161.

Latifah, N. I. W. & Sutirna. 2021. Strategi Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Strategi Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Himpunan di Masa Pandemi Covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 4(3): 541–550.

Leonisa, I. & Soebagyo, J. 2022. Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. 5(2): 77–86.

Marto, H. 2020. Perkembangan Guru Matematika Era 4.0. Aksioma. 9(1): 13–21.

Nurcholis, R., Azhar, E., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Perbedaan Gender. Euclid, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1791

Parnabhhakti, L., Ulfa, M., & Indonesia, U. T. 2020. PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT. 1(1): 11–14.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S. & Dewi, R. S. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4(6): 7911–7915.

Retnawati, H. 2018. Peran Pendidikan Matematika dalam Mengajukan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Membangun Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 1, 8–17. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132255129/penelitian/27 Pembicara-Seminar-Nasional-Matematika-dan-Pend-Matematika-Dr.-Heri-Retnawati-UNY-17-FEB-2017.pdf, diakses Sabtu ‎1 Februari ‎2020

Rowdlotul Jannah, R. N., & Wijayanti, P. 2021. Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3): 2896–2910.

Sa’adah, N., & Faizah, S. 2022. Analisis Strategi Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Sigma. 7(2): 95–104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.