PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK JONEGOROAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD matematika SD berbasis etnomatematika batik Jonegoroan. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan uji coba lapangan menggunakan desain pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, lembar validasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli desain, lembar validasi ahli pendidikan matematika, angket respon dari pendidik dan peserta didik, serta lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika SD berbasis etnomatematika batik Jonegoroan dikembangkan sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Validasi LKPD dari ketiga validator menunjukkan hasil rata-rata dengan kriteria sangat valid. Hasil angket menunjukkan nilai rata-rata respon pendidik dan respon peserta didik dengan kriteria sangat praktis. LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD matematika berbasis batik Jonegoroan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman materi bangun datar peserta didik sekolah dasar.
Kata Kunci: LKPD, Etnomatematika, Batik Jonegoroan.
Abstract
This research aims to produce elementary school mathematics worksheet based on Jonegoroan batik ethnomathematics. The research and development method uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model with field trials using a pretest-posttest design. Data was collected through interviews, questionnaires, validation sheets, and tests. Data collection instruments used material expert validation sheets, design expert validation sheets, mathematics education expert validation sheets, response questionnaires from educators and students, and test sheets. The results of the research show that the elementary school mathematics worksheet based on Jonegoroan batik ethnomathematics was developed according to competency standards and basic competencies. Validation of LKPD from the three validators shows average results with very valid criteria. The results of the questionnaire show the average value of educators' responses and students' responses with very practical criteria. The LKPD developed meets the effective criteria based on student test results. The conclusion of this research is that the Jonegoroan batik-based mathematics worksheet is suitable for increasing elementary school students' understanding of plane figures
Keywords: LKPD, Ethnomathematics, Batik Jonegoroan
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya
Aprima, D., & Sari, S. 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. 13(1): 95–101.
Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. 2019. Bentuk Etnomatematika Pada Batik Adipurwo Dalam Pembelajaran Pola Bilangan. Journal of Mathematics Science and Education. 1(2): 1–16.
Azizah, V. N. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Candi Jawi pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Disekolah Menengah Pertama (SMP) Al Mustaqim Sukorejo Pasuruan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. 32(1): 67–75.
Hadi, H., & Agustina, S. 2016. Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio. 11(1): 90–105.
Jannah, A. I., & Listyani, E. 2017. Pengembangan Bahan Ajar pada Bahasan Himpunan dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pedagogi Matematika. 6(3): 55-56.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2): 142–155.
Laksana, D. N. L., Lawe, Y. U., Ripo, F., Bolo, M. O., & Dua, T. D. 2020. Lembar Kerja Siswa Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 5(2): 227–241.
Malahati, F., & Maemonah. 2022. Analisis Hambatan Belajar Tatap Muka Terbatas Selama Masa Pandemi Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Pembagian Kelas IV A di SD Negeri Mejing 2 Ambarketawang Gamping. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). 13(1): 63–77.
Nurhayati, A., Suprijono, A., & Yani, M. T. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Nilai Kearifan Lokal Motif Batik Bojonegoro untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu. 6(5): 8959–8970.
Pengelola Siaran Pers. “Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018,” Kemendikbud, 30 Desember 2023. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 05(02): 1–12.
Rachmawati, Y., Maizora, S., & Maulidiya, D. 2019. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 3(2): 162–171.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. 2017. Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 1(1): 60–65.
Rohmah, R. N., Sari, W. A. M. P., Pangasta, D. G. D., & Deddiliawan, A. 2019. Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. 2(2): 103–116.
Sa’id, M. S., Arfinanti, N., & Azka, R. 2021. Etnomatematika Pada Budaya Lokal Batik Kawung. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM). 3(2): 83–91.
Wijayanto, Z. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Keraton Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora. 3(1): 80–88.
Zulkarmain, L. 2021. Analisis Mutu (Input-Proses-Output) Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam MTS Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan. 3(1): 17–31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.