EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 BOJONEGORO

Siti Masitoh, Sujiran Sujiran, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) MTs Negeri 1 Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  yang di lakukan dengan menggunakan dua perlakuan berbeda, satu menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan satu lainnya penggunaan model pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL mempunyai rata-rata 83,33 sedangkan dengan model pembelajaran eskpositori mempunyai rata-rata 71,45. Adapun hasil analisisnya di peroleh thitung sebesar 6,2186 dan ttabel sebesar 1,999 maka thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan = 62. Dengan demikian di peroleh hasil bahwa Ho di tolak, sehingga model pembelajaran CTL lebih baik dari pada ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok MTs negeri 1 Bojonegoro.

Kata kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), hasil belajar siswa

                                                                                                         

Abstract

This research aims to find out which is better between the Contextual Teaching and Learning (CTL) and Expository learning models for the mathematics learning outcomes of class VIII students on flat-sided geometric figures (cubes and blocks) at MTs Negeri 1 Bojonegoro. This type of research is quantitative which is carried out using two different treatments, one using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model and the other using the Expository learning model. Student learning outcomes using the CTL learning model have an average of 83.33, while those using the expository learning model have an average of 71.45. As for the results of the analysis, tcount is 6.2186 and ttable is 1.999, so tcount is greater than ttable with a significance level of 0.05 and degrees of freedom = 62. Thus the result is that Ho is rejected, so the CTL learning model is better than expository of student learning outcomes in the flat-sided geometric material of cubes and blocks at MTs Negeri 1 Bojonegoro.

Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL), student learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Chityadewi, K. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika ada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning). Journal of Education Technology. 3(3): 196-202.

Hasan, H. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational Development (IJED). 1(4): 630-640.

Regita, S., & Ginting, N. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri Binjai. Integrasi: Jurnal Studi Islam dan Humaniora. 2(1): 1-14.

Sulistyaningrum, W. 2022. Meningkatkan Pemahaman Gradien dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 2 Kota Semarang. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran. 2(1): 83-89

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., & Sudiarsa, I. W. 2020. Analysis of Conceptual Understanding, Digital Literacy, Motivation, Divergent of Thinking, and Creativity on The Teachers Skills In Preparing Hots-Based Assessments. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems-JARDCS. 12(8): 459-466.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.