ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMPN 1 DANDER DENGAN COLLABORATIVE LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA

Fransisca Ajeng Fitri P, Puput Suriyah, Boedy Irhadtanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi numerasi siswa SMPN 1 Dander melalui pendekatan collaborative yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan literasi numerasi dan angket respon siswa terhadap pendekatan collaborative. Teknik analisis berupa persentase rata-rata pada indikator kemampuan literasi numerasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa berada pada level sedang dengan persentase kemampuan sebesar 83%  yang ditafsirkan sebagai berikut (a) siswa mampu menggunakan berbagai jenis angka dan simbol terkait dengan operasi matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, (b) Dapat menganalisis informasi dalam berbagai bentuk (grafik, gambar, tabel, bagan, diagram, dll.), dan beberapa siswa telah mampu menafsirkan hasil analisis guna memprediksi, merumuskan, dan mengambil keputusan.

 

Kata Kunci: Kemampuan literasi numerasi, Model Collaborative Learning, Kurikulum Merdeka.

 

Abstract

The purpose of this research to describe the profile of the numeracy literacy abilities of students at SMPN 1 Dander through a collaborative approach that has implemented an independent curriculum. This research uses descriptive qualitative methods. The data collection technique used in this research uses a numeracy literacy ability test and a student response questionnaire to the collaborative approach. The analysis technique is in the form of an average percentage of indicators of numeracy literacy ability. The results of this research show that students' numeracy literacy skills are at a medium level with a proficiency percentage of 83% which is interpreted as follows (a) students are able to use various types of numbers and symbols related to basic mathematical operations to solve problems in everyday life, ( b) Can analyze information in various forms (graphs, images, tables, charts, diagrams, etc.), and some students have been able to interpret the results of the analysis in order to predict, formulate and make decisions.

.

Keywords: Numeracy Literacy Skills, Collaborative Learning Model, Independent Curriculum

Full Text:

PDF

References


Khoirudin, A., Styawati, R. D. & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 8(2): 33–42.

Al-Fitrie, A. L., Aniyatussaidah, & Rosyad, R. 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Pendekatan Collaborative Learning Menggunakan Padlet (Systematic Literature Review). Jurnal Pendidikan Agama Islam. 01(02): 25–37.

Amandus, S. 2021. Pembelajaran Teacher Centered Learning (Tcl) Dan Project Based Learning (Pbl) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah Dan Peninjauan Karakter Siswa Suandi. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2(10): 1775–1799.

Fajriyah, E. 2022. Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan. 21: 403–409.

Fauzi, F. G., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. 2021. Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 1(2): 83–91.

Haryo, R. R., & Hidayati, N. 2023. Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Model Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics. 5(1): 46–53.

Lestari, Ayu, H., & Mulyono, Budi, Susanti, E. (2022). Implementasi Blended Learning Pada Materi Bilangan Pecahan Numeracy Skills of Students Through The Implementation Of Blended Learning On Fraction. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1): 60–70.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 69–88.

Mimhamimdala, F., & Nirwana, H. 2022. Populer Learning Theory: Collaborative Learning. Jurnal Literasi Pendidikan. 1(2): 292–302.

Nur Khamidah, D. A. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui Penyelesaian. Prosiding Santika 2: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. 232–252.

Risqullah, F., Fatmawati, D. P., HIdayat, M. R., Khaerullah, M. I., & Hidayah, N. 2022. Analisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal hots materi limit dan turunan fungsi. PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Sains Departemen Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. 100–109.

Salsabilah Khoirunnisa, A. G. A. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936.

Taringan, F. A., & Simon Panjaitan, R. M. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Hots Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 1 Dolok Silau. Journal Of Social Science Research. 3(2): 10830–10837.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.