Pengembangan Instrumen Proses Berfikir Matematis Dengan Kerangka Kerja Scusa dan Yuma
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendesain instrument proses berpikir matematis dengan menggunakan kerangka kerja Scusa dan Yuma. Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan melalui identifikasi, pengumpulan informasi, desain instrumen. Instrument yang akan dikembangkan yaitu bentuk soal cerita materi operasi aljabar pada sekolah menengah pertama. Tahapan proses berpikir menggunakan kerangka kerja Scusa dan Yuma meliputi proses koneksi, proses representasi, proses komunikasi, proses penalaran dan pembuktian, proses pemecahan masalah. Proses identifikasi dilakukan menyusun kisi-kisi soal-soal cerita yang berkaitan dengan operasi aljabar yang disesuaikan dengan deskripsi indikator 5 tahapan berpikir Scusa, kemudian menyusun soal cerita dan kunci jawaban, Tahap berikutkan desain instrumen dilakukan validasi isi oleh 2 validator ahli. Hasil penelitian diperoleh desain instrument proses berpikir matematis dengan kerangka kerja Scusa dan Yuma yang valid secara isi. Desain Instrument ini selanjutkan akan dilakukan uji coba secara empiris untuk mendapatkan instrument yang valid dan reliabel.
Kata kunci: Pengembangan instrument, Proses bepikir matematis, kerangka kerja Scusa dan Yuma
Abstract
The aim of this research is to design a mathematical thinking process instrument using the Scusa and Yuma framework. This research method uses development procedures through identification, information collection, instrument design. The instrument that will be developed is in the form of story questions on algebraic operations material in junior high schools. The stages of the thinking process using the Scusa and Yuma framework include the connection process, representation process, communication process, reasoning and proof process, problem solving process. The identification process was carried out by compiling a grid of story questions related to algebraic operations that were adapted to the indicator description of Scusa's 5 stages of thinking, then compiling story questions and answer keys. The next stage of instrument design was content validation by 2 expert validators. The research results showed that the design of a mathematical thinking process instrument using the Scusa and Yuma framework was content valid. This instrument design will then be tested empirically to obtain a valid and reliable instrument.
Keywords: Instrument development, mathematical thinking process, Scusa and Yuma framework.Full Text:
PDFReferences
Andika, R., Junarti, J., & Mayasari, N. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Fungsi Dengan Pendekatan Onde (Open Ended) Untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa Pada Siswa Ma Al-Khoiriyah Balen. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science. 2(2): 2829–3363.
Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Di SMP N 25 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research. 5(2): 67–74.
Ayasa, R. N., Yunita, A., & Juwita, R. 2023. Pengembangan Instrumen Tes Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi SPLDV. Journal of Educational and Language Research. 3(5).
Daiana, P., Surahmat, S., & Fathani, A. H. 2021. Profile of Students’ Mathematical Creative Thinking Ability in Solving Mathematical Problem. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 11(1): 49–62.
Fauziah, Q., Zainudin, M., & Nurdianingsih, F. 2022. Pengembangan instrumen pengukuran literasi matematika pada materi aritmatika sosial berbasis pendekatan kontekstual. Journal of Technology Mathematics and Sosial Science. 2(2): 20–26.
Frensch, P. A., & Funke, J. 2002. Thinking and Problem Solving. In Thinking and Problem Solving (in Psychol, Issue January 2002, pp. 1–461). Eolss Publishers, Oxford ,UK, [http://www.eolss.net. Retrieved November 4, 2005.
Istiqomah, I., Junarti, J., & Ningrum, I. K. 2021. Proses Koneksi Matematis secara Prosedural Materi Perbandingan ditinjau dari Asimilasi dan Akomodasi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 130–141.
Junarti, S., Mulyono, Y. L., & Dwidayati, N. K. 2020. Studi Literatur tentang Jenis Koneksi Matematika pada Aljabar Abstrak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 3: 343–352.
Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. 2020. The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research. 9(3): 1047–1061.
Junarti, Zainudin, M., & Utami, A. D. 2022. The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education. 13(3): 437–464.
Junati, Yani T., A., & Amin, A. K. 2023. Building Student’s Mathematical Connectin Abitity in Abstract Algebra: The Combination of Analogi-Construction-Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning. 8(1): 80–97.
Khairunnisa, K., Herman, T., Juandi, D., & Siagian, Q. A. 2022. Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika. 12(02): 160–169.
Koirotunnisa, A. U., & Novela, Y. 2023. Analisis Kemampuan Koneksi Representasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngambon Pada Materi Persamaan. 3(2): 27–38.
Larasati, T. A. 2018. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Kognitif Mata Pelajaran Tata Hidang Kelas Xi Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta. E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA. 1–9.
Muttaqin, Q., & Darmawan, P. 2022. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Prpgam Linear Berdasarkan Teori Piaget. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi. 2(1): 109–118.
Muyassaroh, H. F. 2021. Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tipe kepribadian. Skripsi. UM. 1973: 28–32.
Palupi, D. D., Sugiarti, T., & Kurniati, D. 2017. Proses Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 10 Jember. Kadikma. 8(3): 162–172.
Prabawanto, S. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. 6(1): 1–40.
Prayitno, A. T. 2018. Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Membuat Koneksi Matematis Pada Soal Pemecahan Masalah. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika). 4(1): 67.
Prihanto, A., & Mayasari, N. 2022. Analisis Komunikasi Matematis TErhadap Santri Dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Cooperative Script. 1(2): 1–12.
Purnomo, R., Junarti, J., & Umi Khoirotunnisa, A. 2023. Pengembangan Media Aplikasi Berani (Berbasis Android Untuk Materi Fungsi) Untuk Membangun Pemahaman Konsep Fungsi Pada Siswa Kelas X Ma Al-Khoiriyah Balen Kabupaten Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science). 3(1): 2829–3363.
Purwanto, W. R., Sukestiyano, Y., & Junaedi, I. 2019. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perspektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 895–900.
Rahmawati, D. I., & Pala, R. H. 2017. Kemampuan Penalaran Analogi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Euclid. 4(2): 689–798.
Sanjaya, A., Johar, R., Ikhsan, M., & Khairi, L. 2018. Students’ thinking process in solving mathematical problems based on the levels of mathematical ability. Journal of Physics: Conference Series. 1088.
Sari, E. D. P., Junarti, J., & Rohman, N. 2023. Analisis kemampuan koneksi matematis secara prosedural siswa smp pada materi persamaan linier satu variabel. 3(1): 34–41.
Scusa, T. & Yuma. 2008. Five Processes of Mathematical Thinking: Vol. Summative.https://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1030&context=mathmidsummative
Syarifuddin, S. 2019. Identifikasi Kesulitan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Pemecahan Masalah Pecahan. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika). 3(1): 34–42.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. 2021. Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika). 7(1): 57–68.
Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., Yanti, I. D., & Falaq Dwi Anggoro, A. 2020. The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. Journal of Physics: Conference Series. 1470 (1).
Zainudin, M., Amin, A. K., Zumam, W., Junarti, J., & Rohmah, I. I. T. 2023. The Evaluation of Research-based Learning on ‘Moodle’ Learning Management System Using CIPP Models. Pegem Journal of Education and Instruction. 13(4): 149–157.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.