BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH BARISAN DAN DERET

Adinda Novia Wahyuningrum, Junarti Junarti, Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Abstrak

Berpikir kritis merupakan cara untuk menganalisis suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pemecahan masalah barisan dan deret berdasarkan gaya kognitifnya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket dengan subjek penelitian siswa kelas IX, angket untuk mengukur gaya kognitif menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT), instrument tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir kritis yakni dapat memeberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi dan taktik sebanyak 42% subjek. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu memenuhi 4 indikator yakni dapat memeberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi dan taktik sebanyak 29%. Ada 29% subyek kategori lambat-tidak akurat yang hanya mampu memenuhi 2 indikator yakni dapat memberikan penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar.

 

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Barisan dan Deret.

 

Abstract

Critical thinking is a way to analyze a problem. This research aims to describe students' critical thinking abilities in solving sequence and series problems based on their cognitive style. The research method used is quantitative descriptive. The instruments used were tests and questionnaires with research subjects for class IX students, questionnaires to measure cognitive style using the Matching Familiar Figure Test (MFFT), test instruments to measure critical thinking abilities. The results of the research show that students with a reflective cognitive style are able to fulfill 5 indicators of critical thinking ability, namely being able to provide simple explanations, build basic skills, conclude, provide further explanations, and organize strategies and tactics for 42% of subjects. Meanwhile, students with an impulsive cognitive style were able to fulfill 4 indicators, namely being able to provide simple explanations, build basic skills, provide further explanations, and organize strategies and tactics as much as 29%. There were 29% of subjects in the slow-inaccurate category who were only able to fulfill 2 indicators, namely being able to provide simple explanations and building basic skills.

 

Keywords: Critical Thinking, Cognitive Style, Sequences and Series.


Full Text:

PDF

References


Andika, R., Junarti, J., & Mayasari, N. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Fungsi Dengan Pendekatan Onde (Open Ended) Untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa Pada Siswa Ma Al-Khoiriyah Balen. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science). 2(2): 2829–3363.

Fatmala, E., Dwijayanti, I., & P, A. S. 2022. Profil Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. 7(1): 48–56.

Herianto, H., & Hamid, N. 2020. Analisis proses berpikir kreatif dalam pemecahan masalah geometri berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 38-49.

Indriani, A., Mayasari, N., Junarti, & Prihatini, I. 2023. Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar pada Kampus Mengajar Angkatan 5. Seminar Nasional Pendidikan. 1(1): 126–131.

Insani, K. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran STEM Berbasis Learning Community dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika. Digital Repository Universitas Jember.

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. 2022. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau Gaya Kognitif Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu. 1(2): 149–160.

Jamil, L. F. 2022. Proses Berpikir Konseptual pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa SMP Islam As Syuhada'45.

Junarti, J., Sujiran, S., Rohman, N., & Abidah, A. 2023. Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro. 444–454.

Koirotunnisa, A. U., & Novela, Y. 2023. ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI REPRESENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGAMBON PADA MATERI PERSAMAAN. 3(2): 27–38.

Maghfiroh, L. 2022. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Terhadap Pemecahan Masalah Barisan Dan Deret Aritmatika Siswa Kelas X di MAN 2 Banyuwangi.

Putri, A., Huda, N., & Suratno, S. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2): 1210–1221.

Qomariyah, N., & Setianingsih, R. 2020. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains. 4(1): 22.

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. Prisma. 9(2): 179.

Sari, E. D. P., Junarti, J., & Rohman, N. 2023. Analisis kemampuan koneksi matematis secara prosedural siswa smp pada materi persamaan linier satu variabel. 3(1): 34–41.

Setiyanik, L., Junarti, J., & Utami, A. D. 2020. Profil Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). 6(1): 6-14.

Simamora, E. W., & Akhiruddin. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA). 4(2): 89–95.

Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. 2022. Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma. 13: 68-73.

Syahdela, A. A., Junarti, & Zuhriah, F. 2023. Pelevelan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Perbandingan. Seminar Nasional Pendidikan. 1: 94–101.

Zainudin, M., Fatah, D. A., & Junarti, J. 2023. Literacy and Numeracy Research Trends For Elementary School Student : A Systematic Literature Review. Journal of Education, Teaching, and Learning. 8(2): 24–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.