ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM

Alfina Lailani Rahmahdhani, Puput Suriyah

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik Validasi Data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan konsep yang dialami siswa sebesar 80%, tingkat kesulitan prinsip yang dialami siswa sebesar 91,4%, dan tingkat kesulitan masalah verbal yang dialami siswa sebesar 61,9%. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika yaitu: 1) faktor internal meliputi; a) faktor fisiologis; kelemahan tubuh, dan kondisi sakit atau cacat. b) faktor psikologis; intelegensi, bakat, minat belajar, dan motivasi belajar. 2) faktor eksternal meliputi; a) faktor non sosial; lingkungan sekolah. b) faktor sosial; lingkungan keluarga.

 

Kata kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Matematika, Operasi Hitung Pecahan

Abstract

The aim of this research is to analyze the difficulties of learning mathematics in fraction calculation operation material for class VII students at SMP Negeri 1 Kedungadem. This research uses descriptive qualitative research methods. The data source for this research is all students in class VII D. Data collection techniques are through observation, tests, interviews and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validation techniques used are source triangulation and technical triangulation. The research results showed that the level of conceptual difficulty experienced by students was 80%, the level of principle difficulty experienced by students was 91.4%, and the level of verbal problem difficulty experienced by students was 61.9%. The factors that cause difficulties in learning mathematics are: 1) internal factors include; a) physiological factors; bodily weakness, and illness or disability. b) psychological factors; intelligence, talent, interest in learning, and motivation to learn. 2) external factors include; a) non-social factors; school environment. b) social factors; family environment.

 

Keywords: Student Learning Difficulties, Mathematics, Fraction Calculation Operations

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan,. 6(1): 974–980.

Febrita, Y., & Ulfah, M. 2019. Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Posiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5(2019): 181–188.

Jayati. 2023. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Di SMK Negeri 66 Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Original Research, 58, 23–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6484

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal. 2(1): 44–48.

Lorensa, G. V., Sopiatun, N., & Helby, A. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kelas IV di Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Singingi. 2(2): 18–30.

Mhd. Alisadikin1, Heri Sunandar2, N. 2023. 3 1,2,3. Manajemen Resiko Bank Syari’Ah. 2(1): 189–192.

Murniati, S., Sartika, E., Bandung, P. N., Indonesia, B., & Bisnis, M. (n.d.). PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN THE EFFECT OF LINGUISTIC INTELLIGENCE ON STUDENT ABILITY IN. 1–7.

Prabowo, P. A. A., & Darmawan, P. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Grafik Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa SMP. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi. 2(1): 119–126.

Pratiwi, M. F., Budiman, M. A. & Cahyadi, F. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js (Jurnal Sekolah). 3(1): 46–51.

Priscicilia A. D. Karaeng, Djeli A. Tulandi, dan M. 2022. EFEKTIVITAS EKSPERIMEN PADA PEGAS MENGGUNAKAN APLIKASI CHARM SAINS. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(3): 176–181.

Siagian, N., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Jepitan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 2(5): 202.

Wahyudi, D., & Kurniasih, N. 2020. Dedi Wahyudi. RAUDHAH :Proud To Be Professional JurnalTarbiyah Islamiyah. 5: 35–48.

Walyanda, U., & Yani, A. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Operasi Hitung Pecahan di SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7(2): 1–9.

Wardah, S., Syarifuddin, A., Hamzah, A., Handayani, T. & Tasya, I. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Journal Stitaf. 03(01): 7–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.