KERANGKA BERPIKIR PADA PEMECAHAN MASALAH DALAM SOAL CERITA

Mifta Wahidatul Maghfiroh, Junarti Junarti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerangka berpikir siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pada materi SPLDV dengan prosedur Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas X SMKN Ngasem pada awal semester genap 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  tes soal dan  wawancara. Teknik  analisis  data  yang digunakan  adalah  reduksi  data,  penyajian  data,  verifikasi  data,  dan  penarikan  Kesimpulan. Subjek dipilih berdasarkan pekerjaan siswa dari 5 butir soal cerita yang mengikuti prosedur polya sebanyak 5 selanjutnya dipilih subyek yang mampu berkomunikasi sebanyak 3 dan bersedia diwawancarai yaitu sebanyak 2 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kerangka berpikir siswa  pada pemecahan masalah dalam soal cerita ada kecenderungan mengarah ke bentuk semikonseptual baik dari segi pemahaman maupun strategi yang digunakan sebanyak 84%, sedangkan yang kerangka berpikirnya mengarah ke prosedur polya sebanyak 16% yakni memiliki proses berpikir konseptual.

 

Kata kunci : Proses berpikir, pemecahan masalah, soal cerita, SPLDV

 

Abstract

This research aims to describe students' thinking framework in solving word problems on SPLDV material using the Polya procedure. This research is a qualitative descriptive research conducted in class Data collection techniques use test questions and interviews. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, data verification, and drawing conclusions. Subjects were selected based on students' work from 5 story questions that followed the polya procedure, 5 then selected 3 subjects who were able to communicate and were willing to be interviewed, namely 2 students. The results of the research show that 84% of students' thinking framework in solving problems in word problems tends towards a semi-conceptual form, both in terms of understanding and strategies used, while 16% of students' thinking framework leads to polya procedures, namely having a conceptual thinking process.

 

Keywords: Thinking process, problem solving, story questions, SPLDV


Full Text:

PDF

References


Amalia, H. F., & Manoy, J. T. 2021. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasar Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. MATHEdunesa.10(3): 507-513.

Anjani, R., Damris, M., & Kamid, K. 2021. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel yang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3): 2746-2755.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. 2020. Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11(1), 110-117.

Faizah., Sujadi., & Setiawan. 2017. Proses Berpikir Siswa Kelas VII E Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM).1(4).

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. 2020. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur polya. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2): 257.

Junarti, J., Indriani, A., & Isriqomah, I. 2021. The Process of Assimilation-Accommodation in Solving the Problems of Proportion. International Conference on Science, Education and Technology. 7: 1016–1025.

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. 2020. The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research. 9(3):1047–1061.

Kania, N., Juandi, D., & Fitriyani, D. 2022. Implementasi Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pembelajaran Matematika. Progressive of Cognitive and Ability. 1(1), 42-49.

Karlimah. 2010. Pengembangan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. In Seminar Nasional FMIPA-UT. Universitas Terbuka.

Lestanti, M. M., Isnarto, I. & Supriyono, S. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education. 5(1).

Margarita, M., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Means Ends Analysis (Mea) Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(3): 223-233.

Nafi'an, M. I. 2016. Analisis berpikir konseptual, semikonseptual dan komputasional siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 2(2): 72-78.

Puspitaningsih, S., Amin, A. K., & Irhadtanto, B. 2023. IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN DATAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MOBILE. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama). 10(2): 83–92.

Ramadhan, A., Anwar, S. & Falak, A. F. 2021. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik siswa materi sistem persamaan linear dua variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 4(2): 323-330.

Ridlo, W., Sukestiyarno, Y. L. & Junaedi, I. 2019. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 894–900.

Rijali, A. 2019. Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33): 81-95.

Sabirin, M., Arafah, S., Paris, M. A., Atsnan, M. F., & Nareki, M. L. 2021. Analysis of students’ thinking process in solving arithmetic sequence based on adversity quotient types. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika. 16(1): 97–113.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Yogyakarta: Alfabeta.

Umainah, S. P., Setyowati, R. D., & Sugiyanti, S. 2020. Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Agustus 2020. 5: 104-111.

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. 2015. Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. 1(1).

Zulkifli, J. P. & Anggraini, R. 2013. Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika. Retrieved May 31, 2018, from http://rinimentari7.blogspot.com/2013/04/pendekatan-pemecahan-masalah-matematika.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.