Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Bilangan Cacah Kelas V MIS Al Muslim

Sulistiyowati Sulistiyowati, Puput Suriyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampun berpikir kritis peserta didik kelas V MIS Al Muslim yang terdiri dari 10 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara yang penilaiannya menggunakan 6 indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan self regulation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan berpikir kritis tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. Siswa yang berkemampuan kritisnya sedang mampu memenuhi indikator interpretasi dan analisis namun kurang mampu memenuhi indikator evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan self regulation. Siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah, kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator lainnya. Terbukti dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat 3 peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir rendah, 4 peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dan 3 peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tinggi.

Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, bilangan cacah

Abstract

This research aims to analyze the critical thinking abilities of class V MIS Al Muslim students consisting of 10 students. This research uses a qualitative approach. The data collection technique was carried out by conducting critical thinking ability tests and interviews which were assessed using 6 indicators of critical thinking ability according to Facione, namely interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation and self-regulation. The results of data analysis show that students who have high critical thinking skills are students who are able to fulfill all critical thinking indicators. Students with moderate critical abilities are able to fulfill the indicators of interpretation and analysis but are less able to fulfill the indicators of evaluation, inference, explanation and self-regulation. Students who have low critical thinking skills are less able to interpret problems and are unable to meet other indicators. It is proven by the results of students' critical thinking ability tests, there are 3 students who have low thinking abilities, 4 students who have moderate critical thinking abilities and 3 students who have high thinking abilities.

Keywords: critical thinking skills, whole numbers


Full Text:

PDF

References


Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 2(6): 371.

Facione, P. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. https://www.researchgate.net/publication/251303244

Karim, K. & Rahmalia, D. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Di Sma Negeri 1 Rantau. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 180–191.

Masrurotullaily, Hobri, & Suharto. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa Smk Negeri 6 Jember. Kadikma. 4(2): 129–138.

Mulyana, D. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. 3(1): 42–46.

Susanti, Pomalao, S., Resmawan, & Hulukati, E. 2023. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education. 1(1): 37–46.

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. 2021. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi. 9(1): 32–39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.