STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Diyah Ayu Pitaloka, Junarti Junarti, Boedy Irhadtanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur review yang menelaah 8 jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari dokumen-dokumen yang diperlukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara menelaah dan menganalisis jurnal dengan kaidah-kaidah yang berhubungan dengan model pembelajaran mind mapping yang diterapkan pada siswa untuk menunjukkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran mind mapping  memiliki hasil belajar siswa lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvesional dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, hasil belajar, dan mind mapping

 

Abstract

This research uses literature review research which examines 4 journal that are relevant to the author’s research. The type of data used is secondary data, namely data obtained indirectly. The data required in the research is taken from the documents required by the researcher. The data collection technique is carried out by reviewing and analyzing journals with rules related to the mind mapping learning model applied to students to show student learning outcomes. The results of this research show that the mind mapping learning model shows higher results than conventional methods and can improve student learning outcomes.

 

Keywords: learning models, learning outcomes, and mind mapping.


Full Text:

PDF

References


Acesta, A. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(2b): 581–586.

Baeti, N. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR). 4(1): 58–62.

Ekawati, N. M. & Kusumaningrum, D. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 5(2): 31–35.

Halean, S., Kandowangko, N. & Goni, S. Y. V. I. 2021. Peranan Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya di SMA Negeri 1 Tampan AMMA Di Talaud. Jurnal Holistik. 14(2).

Jannah, M. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas XI SMK. AJUP: Arus Jurnal Pendidikan. 1(3): 77–84.

Juita Silaban, R., Mahulae, S. & Janson Silaban, P. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SD Budi Luhur. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 6(2): 308–313.

Kosilah & Septian. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian. 1(6).

Kustian, N. G. 2021. Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik. 1(1).

Lizana, A. & Musdi, E. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IX Di SMP Negeri 17 Kerinci. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika. 11(3): 6–10.

Subhan, M., Mahmuda, A. & Filahanasari, E. 2023. Pengaruh model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 09 Sitiung. JURNAL IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS. 13(1).

Suhada, S., Bahu, K. & Amali, L. N. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Journal of Informatics. 2(2): 86–94.

Wahyuni, A. P., Abbas, A. B. & Kukuh. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal PRIMATIKA. 7(2).

Wati, N. N. K. 2021. Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research. 5(4): 440–446.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.