ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 DANDER

Henikmah Henikmah, Puput Suriyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 1 Dander ditinjau dari minat belajar. Kemampuan pemecahan masalah sendiri merupakan kemampun yang dimiliki siswa melalui proses berpikirnya untuk memecahkan suatu masalah dengan memilih cara pemecahan yang efektif. Sedangkan minat belajar adalah kemauan yang dimiliki siswa untuk memperoleh pengetahuan serta meningkatkan keterampilan yang dimiliki.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Lokasi pada penelitian ini  yaitu SMP Negeri 1 Dander dengan subjek penelitian kelas VII-E sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket minat belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari minat belajar yang dibedakan menjadi 3 kategori yaitu minat belajar tinggi, minat belajar sedang, dan minat belajar rendah.

 

Kata Kunci: minat belajar, kemampuan pemecahan masalah.

 

Abstract

This research aims to describe students’ mathematical problem solving abilities at SMP Negeri 1 Dander in terms of learning interest. Problem solving ability itself is the ability that students have through their thinking process to solve a problem by choosing an effective way of solving it. Meanwhile, interest in learning is the desire that student have to gain knowledge and improve their skills.The research method used is qualitative. The research location is SMP Negeri 1 Dander with research subjects in class VII-E totaling 29 students. Data collection techniques in this research took  the form of a learning interest questionnaire, problem solving ability tests, and intervews. The results of this research are students’ problem solving abilities in terms of learning  interest which is divided into 3 categories, namely high learning interest, moderate learning interest, and low learning interest.

 

Keywords: interest in learning, problem solving ability.

Full Text:

PDF

References


Aini, W. N., Suriyah, P. & Rahmawati, O. I. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Seminar Nasional FPMIPA 2023, 1–14. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/2394/

Damayanti, N. & Kartini. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1): 107–118.

Haryono, E. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies. 13(2): 1–6.

Laila.M, Z., Aima, Z. & Yunita, A. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL HORIZON PENDIDIKAN. 1(3): 588–600.

Malik, R. M., Jalal, A. & Waliyanti, I. K. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Matriks Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Guru Matematika. 2(3): 219–235.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda: Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. 3(1): 42–46.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D. & Setiawan, W. 2019. ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MA Al-MUBAROK MELALUI. Journal On Education. 01(03): 386–395.

Rosmawati, R. R. & Sritresna, T. 2021. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 275–290.

Sari, H. M. & Afriansyah, E. A. 2020. Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(3): 439–450.

Suryani, M., Jufri, L. H. & Putri, T. A. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1): 119–130.

Yuliati, I. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05(02): 1159–1168.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.