PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Laily Rohmatin, Sujiran Sujiran, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media KOKAMI Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekata kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Desain penelitian ini adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs. Islamiyah Banat, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B MTs. Islamiyah Banat. Hasil penelitian diperoleh bahwa analisis uji independent sample T-test terhadap Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,763123034 > 2,004879288, maka sebagaimana dasar pengambilan Keputusan pada uji independent Sampel T-test diketahui kriteria Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi penyajian data di kelas VII MTs. Islamiyah Banat Senori.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kotak Kartu Misteri (KOKAMI), Hasil Belajar

Abstract

This research aims to determine the influence of the KOKAMI media assisted Problem Based Learning model on the learning outcomes of class VII student. This type of research is experimental research with a quantitative approach. The method used is the Quasi Experimentak method. The design of this research is “Pretest-Posttest Control Group Design”. The population of this study was all class VII MTs. Islamiyah Banat, and the sample in  this study was class VII A and VII B MTs Islamiyah Banat. The results of the research showed that the analysis of the independent sample T-test on the Posttest of tge experimental class dan control class obtained a t count of 4,763123034 > 2,004879288, so as the basis for decision making in the independent sample T-test, it is known that the criteria for Ho are rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant influence og the Problem Based Learning model assisted by the Mystery Card Box (KOKAMI) on students’ mathematics learning outcomes in data presentation material in class VII MTs. Islamiyah Banat Senori.

 

Keywords: Problem Based Learning, Mystery Card Box, Learning Outcomes



Full Text:

PDF

References


Ardianti, R., Sujarwanto, E. & Surahman, E. 2022. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction. 3(1): 27–35.

Wardani, D. K. & Suyitno, A. W. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3).

Kartikasari, A. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Semarang. Digilib UNNES.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I. & Tangerang, U. M. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains. 3(2): 312–325.

Mu’minah, N. & Purmadi, A. 2022. Pengaruh Media KOKAMI (Kotak Dan Kartu Misteri) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran. 7(1): 104.

Nurwidyaningrum, Wahyu, Regar, Rulviana, V. S. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Pbl Melalui Media Kotak Kartu Misterius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Bogorejo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 08: 1–23.

Hapsari, E. R. & Sutiarso, S. 2023. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Problem Based Learning Matematika Berbasis Digital Di SMP. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains). 11(1): 96–106.

Siahaan, V. L., Situmorang, M. V., Silaban, W. & Siagian, G. 2023. Pengaruh Media KOKAMI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Ut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 2(2): 41–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.