KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN CARA BERPIKIR KONVERGEN PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Lia Sofia, Junarti Junarti, Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Abstrak

Kemampuan koneksi matematis penting dimiliki siswa. Pentingnya koneksi matematis terjadi di dalam pemecahan masalah yang melibatkan proses berpikir. Pengklasifikasian setiap cara berpikir sesuai dengan kriteria masing-masing siswa dapat mempermudah dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan koneksi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis berdasarkan cara berpikir konvergen khususnya pada materi barisan dan deret. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 2 Bojonegoro tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 21 siswa. Selanjutnya, terpilih 2 siswa terkategori berpikir konvergen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecenderungan berpikir konvergen, dapat mengkoneksikan dengan mengidentifikasi hubungan antara konsep-konsep matematis dengan jelas, serta menerapkan strategi pemecahan masalah yang terstruktur dan sistematis. Dengan demikian, mereka dapat menghubungkan berbagai konsep dalam matematika untuk mencapai solusi secara tepat dan efektif.

 

Kata kunci: Koneksi matematis, Berpikir konvergen, Barisan dan deret

 

Abstract

Mathematical connection skills are important for students to have. The importance of mathematical connections occurs in problem solving that involve thinking processes. Classifying each way of thinking according to the criteria of each student can make it easier to solve problems related to mathematical connections. The aim of this research is to describe mathematical connection abilities based on convergent thinking, especially in sequences and series material. The research method is descriptive with a qualitative approach using test instruments and interviews. The research subjects were 21 students of class X MAN 2 Bojonegoro for the 2023/2024 academic year. Next, 2 students were selected who were categorized as convergent thinking. The research results show that students with a tendency to think convergently can make connections by clearly identifying relationships between mathematical concepts, as well as applying structured and systematic problem solving strategies. Thus, they can connect various concepts in mathematics to reach solutions precisely and effectively.

 

Keywords: Mathematical connections, Convergent thinking, Sequences and series

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., & Aripin, U. 2019. Analisis kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 2(1): 25-32.

Craswell, J. W. 2016. Research design, pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dwiwandira, N., & Tsurayya, A. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasian Kalkulus pada Turunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3): 2560-2569.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 10(1): 68–77.

Fitrah, M., & Kusnadi, D. 2022. Integrasi nilai-nilai islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience (JES). 9(1): 152-167.

Ginanjar, A. Y. 2019. Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA. 13(1): 121-129.

Hamdani, M. F., & Nurdin, E. 2020. Kemampuan koneksi matematis berdasarkan minat belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). 3(3): 275-282.

Istiqomah, I., Junarti, J. & Ningrum, I. K. 2021. Proses Koneksi Matematis secara Prosedural Materi Perbandingan ditinjau dari Asimilasi dan Akomodasi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 130–141.

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Waluya, S. B. & Rochmad. 2019. The analysis of heuristics decision-making in abstract algebra proofing. Journal of Physics: Conference Series. 1321(2).

Junarti, Sukestiyarno, Y., Mulyono, & Dwidayati, N. K. 2020. Studi Literatur tentang Jenis Koneksi Matematika pada Aljabar Abstrak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 3(1): 343–352.

Junati, Yani T., A. & Amin, A. K. 2023. Building Student’s Mathematical Connectin Abitity in Abstract Algebra: The Combination of Analogi-Construction-Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning. 8(1): 80–97.

Junarti, J., Indriani, A., Irhadtanto, B. & Sofia, L. 2023. Profil Proses Berpikir Mahasiswa dalam Pembuktian Matematis pada Aljabar Abstrak. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran. 1(1). pp. 21-30.

Khoeriah, P. 2024. PENGARUH MODEL PEER TUTORING COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 KASOKANDEL. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT). 10(1).

Meylinda, D., & Surya, E. 2017. Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 1-12.

Morin, S. & Herman, T. 2022. Systematic Literature Review: Keberagaman Cara Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 5(1): 271-286.

Murni, M. & Permana, F. A. 2019. Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Ditinjau Berdasarkan Gaya Berpikir Konvergen Dan Divergen Malalui Strategi Discovery. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA). 3(1). pp. 838-848.

NCTM. 2000. Principles and standarts for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Prihartiwi, N. R. & El Milla, Y. I. 2024. Mathematical Connection of Prospective Mathematics Teachers in Constructing Graph-Based Real-life Problem. KnE Social Sciences. 285-292.

Riau, B. E. S., & Junaedi, I. 2016. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 5(2): 166-177.

Sari, E. D. P., Junarti, J., & Rohman, N. 2023. Analisis kemampuan koneksi matematis secara prosedural siswa smp pada materi persamaan linier satu variabel. 3(1): 34–41.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. 2021. Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama. 13(2): 239-256.

Setiawan, W., Hatip, A., & Gozali, A. 2024. Studi Literatur: Jenis-jenis Berpikir dalam Pemecahan Masalah Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 107-119.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaputra, D. A., Mulyono, M. & Hasratuddin, H. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1): 721-734.

Tama, D. A. & Setyadi, D. 2022. Kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2): 1536-1548.

Turnip, R. F. & Karyono, H. 2021. Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 9(2): 485-498.

Utami, Y. P. & Cahyono, D. A. D. 2020. Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1): 20-26.

Widiyawati, W., Septian, A. & Inayah, S. 2020. Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa. 6(1): 28-39.

Yolanda, F. & Wahyuni, P. 2020. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(1): 1-7.

Zalukhu, A., Herman, H., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Naibaho, T. & Simanjuntak, R. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education. 5(3): 6054-6062.

Ziliwu, S. H., Sarumaha, R. & Harefa, D. 2022. Analisis kemampuan koneksi matematika pada materi transformasi siswa kelas xi smk negeri 1 lahusa tahun pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 15-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.