STUDI LITERATUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTOVERT-INTROVERT

Novia Nurcahyanti, Novi Mayasari, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur studi pustaka. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengidentifikasi artikel tentang pemahaman konsep matematis, mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Analisis data melalui mereview isi artikel dan menginterprestasikan. Hasil dari review 4 artikel dapat disimpulkan bahwa siswa ekstrovert cenderung tidak mampu menyelesaikan seluruh tahapan pemecahan masalah. Mereka hanya bisa memahami masalah, tetapi kesulitan dalam membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali hasilnya. Sedangkan siswa introvert menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah, dengan mampu menjalankan semua tahapan pemecahan masalah. Ini mencakup memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh.

 

Kata Kunci: Pemecahan masalah matematis, teori polya, ekstrovert, introvert

 

Abstract

Mathematical problem solving ability is one of the abilities that every student must have. The method used is literature study. The data collection technique is by identifying articles about understanding mathematical concepts, collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Data analysis through reviewing the contents of the article and interpreting it. The results of a review of 4 articles can be concluded that extrovert students tend to be unable to complete all stages of problem solving. They can only understand the problem, but have difficulty making plans, implementing plans, and reviewing the results. Meanwhile, introverted students show better abilities in solving problems, by being able to carry out all stages of problem solving. This includes understanding the problem, making a plan, implementing the plan, and reviewing the results obtained.

 

Keywords: Mathematical problem solving, polya theory, extrovert, introvert


Full Text:

PDF

References


Drs. Ujam Jaenudin, M. S. 2015. Dinamika Kepribadian (Psikodinamik) (pp. 1–266).

Jazuli, A. & Lathifah, M. 2018. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Cerita Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Siswa SMP Negeri 6 Rembang. AlphaMath : Journal of Mathematics Education. 4(1): 23–32.

Juliansa, M. F., Kartinah, K., & Purwosetiyono, F. D. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner:

Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 1(5): 133–137.

Khoirotunnisa’, A. U. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Puzzle Map Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VII Semester 1 MTsN 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 5(2): 82–88.

Kurniawati, E., Sujiran, S., & Puspananda, D. R. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Materi Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas Vii Smp Pancasila Dander Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Pendidikan Edutama, 1–9. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/906/1/artikel efi kurniawati.pdf

Mayasari, N., Utami, A. D. & Suriyah, P. 2020. Buku Referensi Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Dengan Menggunakan Tugas Superitem Terhadap Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1383/1/Layout Buku Referensi Efektivitas.pdf

Nissa, I., C. 2015. Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Putri, W. A., & Masriyah, M. 2020. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa. 9(2): 392–401.

Qadry, I. K., Arriah, F., & Abdillah, W. 2023. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Pada Siswa Kelas Vii Mts Muhammadiyah Songing Kabupaten Sinjai. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. 3(3): 197-204.

Qomara, A., Ratnaningsih, N., & Santjka, S. 2022. Analisis Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Jurnal Kongruen. 1(2): 189–193.

Riawan, I., Sujiran, & Puspananda, D. R. 2020. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Educatif Journal of Education Research. 2(3): 13–24.

Sulastri, M., Hayati, L., Hikmah, N., & Azmi, S. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 1(4): 648–659.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.