ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PLUS IZZATUL UMMAH
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui kemampan literasi matematika siswa. 2) mengetahui kemandirian belajar siswa. 3) mendiskripsikan kemampuan literasi matematika melalui kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VII di SMP Plus Izzatul Ummah, dimana pengisian tersebut mewakili dari sampel masing masing pengkategorian. Hasil dari penelitian yaitu : 1) kemampuan literasi matematika siswa termasuk kategori sedang. 2) kemandirian belajar siswa memiliki kategori sedang. 3) siswa dengan tingkat kemandirian belajar yang tinggi mampu melewati semua proses kemampuan literasi matematika. Siswa dengan tingkat kemandirian belajar sedang hanya mampu dengan baik pada proses pertama dan kedua. Siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah hanya dapat menguasai proses pertama dalam kemampuan literasi matematika.
Kata kunci: Literasi, Kemandirian, Matematika
Abstract
The purpose of this study is to 1) determine the ability of students' mathematical literacy. 2) knowing the independence of student learning. 3) describe mathematical literacy skills through student learning independence. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. This study consisted of 6 grade VII students at SMP Plus Izzatul Ummah, where the filling was representative of the sample of each category. The results of the study are: 1) students' mathematical literacy ability is still low 2) students' learning independence has a medium category 3) students with a high level of learning independence are able to go through all processes of mathematical literacy ability. Students with a moderate level of learning independence are only able to do well in the first and second processes. Students with low levels of learning independence can only master the first process in mathematical literacy skills.
Keywords: Literacy, Independence, Mathematics
Full Text:
PDFReferences
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. 2020. Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika. 5(1): 17.
Denty A, 2023. Peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018. Diakses 15 April 2023.
Hidayat, N. 2023. Sma As-Saifiyah Syafi ’ Iyah Pamekasan Tahun Skripsi Universitas Islam Negeri Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Desember 2023 Analisis Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma As-Saifiyah Syafi ’ Iyah Pamekasan Tahun Pelajaran 2022-2023.
Kenedi, K., Kiswanto, A. & Helsa, Y. 2018. Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 1(1): 167.
Khoirotunnisa, A. U., Astuti, R. P. F. & Masita, D. N. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Seminar Nasional FPMIPA 2023. 56: 87–93.
Kiptiyah, S. M., Purwati, P. D. & Khasanah, U. 2021. Implementasi Flipped Classroom Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 9(3): 318–332.
Kurnia, B. 2022. Systematic Literatur Review: Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan). 4(1): 10–20.
Mayasari, novi junarti, & Agustin, T. 2022. Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN. 1(2): 2829–3363.
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F. & Sunendar, A. 2018. Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran. Matematika Realistik Indoneisa.THEOREMS. 2 (2): 70–79. https://redirect.is/g7bat78. [diakses pada tanggal 20 November 2020.
Supana, S. et al. 2023. Pendirian Taman Baca Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Dan Literasi Masyarakat. 1(1): 29–39.
Wahyuni, F. 2019. Strategi, Pengaruh Dan, Pembelajaran Hasil, Terhadap Fikih,.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.