PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS BATIK KONTEMPORER KHAS TUBAN

Siti Komsatun, Puput Suriyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk pembelajaran transformasi geometri berbasis batik kontemporer khas Tuban yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap analisis (Analysis), rancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Tahap Analysis, dilakukan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tahap Design meliputi perancangan LKPD, pemilihan motif batik Tuban dan penyusunan instrumen penelitian berupa lembar angket dan lembar validasi. Tahap Development, melibatkan penyusunan LKPD kemudian divalidasi oleh para ahli. Tahap Implementation dilakukan uji coba kepada peserta didik. Tahap terakhir evaluation meliputi analisis data untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penilaian tingkat kevalidan LKPD diperoleh 0,87 (sangat valid), tingkat kepraktisan 80% (praktis) dan tingkat keefektifan 76,1% (efektif). Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD berbasis batik kontemporer khas Tuban layak digunakan dan efektif meningkatkankan inovasi serta pemahaman peserta didik dalam pembelajaran transformasi geometri.

 

Kata Kunci: LKPD, Batik Kontemporer, Transformasi Geometri

 

Abstract

This research aims to develop a Student Worksheet (LKPD) for learning geometric transformations based on contemporary Tuban batik that is valid, practical and effective. The research method applied is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model which includes five stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. In the Analysis Stage, an analysis of the needs and characteristics of students is carried out. The Design stage includes designing the LKPD, selecting Tuban batik motifs and preparing research instruments in the form of questionnaire sheets and validation sheets. The Development Stage involves preparing the LKPD and then validating it by experts. The Implementation stage is tested on students. The final stage of evaluation includes data analysis to conclude the research results. The results of assessing the validity level of the LKPD were 0.87 (very valid), the practicality level was 80% (practical) and the effectiveness level was 76.1% (effective). The conclusion of this research is that LKPD based on contemporary Tuban batik is suitable for use and is effective in increasing students' innovation and understanding in learning geometric transformations.

 

Keywords: LKPD, Contemporary Batik, Geometric Transformation

Full Text:

PDF

References


Andreas Schleicher, PISA 2018 Insights and Interpretations (OECD Secretary General, 2019). h.7.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. 2020. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD). 1(1): 25–37.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston, MA: Springer US.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 31–39.

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika. 4(1): 47-59.

Kelembagaan.Risetdikti.Go.Id - Uu No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kesumawati, N. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Martin Guhn, Anne Gadermann, and Amery D. Wu, “Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS),” Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research. 2014: 6737–6739. h. 19.

Puspaningtyas, N. D. 2019. Proses Berpikir Lateral Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 2(2): 80–86.

Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Siagian, M. D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Mes (Journal Of Mathematics Education And Science). 2(1).

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. 2020. Model Pembelajaran Interaktif Spldv Dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 24–31.

Waskitoningtyas, R. S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 5(1): 24-32.

Arifatun, N., Sudarmin, & Samini. 2015. Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnois dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi Sains. 4(3): 1049–1056.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.