ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI ETNOMATEMATIKA SEDEKAH BUMI

Nasrul Khotimah, Dwi Erna Novianti, Ari Indriani

Abstract


Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan siswa dalam menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematika hingga menemukan hasil yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis melalui etnomatematika Sedekah Bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem, dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII-A yang berjumlah 17 siswa. Subjek terpilihdari penelitian ini sebanyak 3 siswa yang dikategorikan menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini berupa menunjukkan bahwa subjek dengan kategori tinggi telah mampu melakukan semua tahapan Polya dengan baik, subjek dengan kategori sedang pada tahap menyusun dan melaksanakan rencana pemecahan masalah masih mengalami kebingungan serta terdapat kesalahan pada perhitungan, serta subjek dengan kategori rendah masih mengalami kesalahan karena kurang memahami maksud soal dan kurang ketelitian.

 

Kata Kunci: etnomatematika, pemecahan masalah

 

Abstract

Mathematical problem solving ability is an ability that students must have in learning mathematics. Mathematical problem solving ability is a student's ability to develop appropriate strategies to solve a mathematical problem to find the expected results. The aim of this research is to analyze mathematical problem solving abilities through Sedekah Bumi ethnomathematics. The research method used is qualitative. The research location is at MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem, with the research subjects being class VIII-A students, totaling 17 students. The subjects selected from this research were 3 students who were categorized into high, medium and low. The results of this research show that subjects in the high category have been able to carry out all stages of Polya well, subjects in the medium category at the stage of preparing and implementing problem solving plans still experience confusion and there are errors in calculations, and subjects in the low category still experience errors because errors in not understanding the meaning of the question and lack of accuracy

 

Keywords: ethnomathematics, problem solving

Full Text:

PDF

References


Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424

Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990

Indriani, A. (2021). Analisis Kesalahan dengan Teori Newman Pada Soal Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan, 2(2), 71–79.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Masruroh, N., Rahman, A., & Hermawan, Y. (2021). Eksistensi sedekah bumi di era modern: Desa wisata Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 268–283. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17209

Mawardi, K., Arjudin, A., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031–1048. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.260

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497

Novianti, D. E. (2022). Pemecahan Masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika Dwi. Prosiding Seminar Nasional Hybrid, 24–31.

Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203. https://doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713

Surya Ibrahim, S., Napfiah, S., & Budi Utomo, I. (2023). Studi Etnomatematika: Bangun Datar Pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 102–111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.